Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

iPhone 5S Meluncur dengan Sensor Sidik Jari

Rabu, 11 Sep 2013 - 03:39 WIB
Penulis : Nur Ikhsan Suryakusumah

INILAH.COM, California - Suksesor dari iPhone 5, yakni iPhone 5S resmi diumumkan kehadirannya oleh Apple di Town Hall, auditorium Apple campus di Cupertino, California, AS, Selasa (10/9) siang waktu setempat atau Rabu (11/9) dini hari WIB.

Selain  merilis iPhone versi murah atau yang disebut iPhone 5C,  Apple juga mengungkap kehadiran  smartphone  unggulan teranyarnya, iPhone 5S.

Secara tampilan, iPhone 5S ini masih mirip seperti iPhone 5. Perbedaannya iPhone 5S ini langsung mengusung sistem operasi terbaru iOS 7 serta hadir dalam tiga warna baru. Selain meluncur dengan warna hitam dan putih, iPhone 5S juga hadir dalam pilihan warna  silver, space gray,  dan  champagne gold.

Dilansir  TheVerge,  iPhone 5S memiliki fitur utama Touch ID alias  fingerprint sensor  yang telah terintegrasi ke dalam tombol  'home'.  Sensor ini akan memindai lapisan ‘sub-epidermal’ dari jari penggunanya pada 500 titik (per inci) untuk membaca sidik jari yang kemudian akan digunakan untuk meng-unlock  perangkat.

Selain itu, sensor tersebut juga dapat digunakan sebagai verifikasi pengganti  password  apabila pengguna ingin melakukan transaksi digital seperti membeli aplikasi baru via App Store atau mengunduh via iTunes.

Pengguna iPhone 5S pun bisa melakukan proses otentifikasi dengan menggunakan lebih dari satu sidik jari. Pihak Apple memastikan bahwa data sidik jari tersebut akan benar-benar aman.

Data tersebut tidak akan bisa diakses oleh aplikasi, dan Apple tidak akan mengirimkannya ke server manapun ataupun di-share  di iCloud.

Upgrade  lain dalam iPhone 5S ini adalah penggunaan chipset  Apple A7 yang diklaim Apple sebagai  chipset  64-bit pertama yang digunakan untuk  smartphone.

Penggunaan sistem operasi iOS 7 serta berbagai aplikasi  built-in  dalam  smartphone  unggulan terbaru Apple ini juga telah dioptimalkan dalam format 64-bit.

Lewat  upgrade  tersebut, Apple mengklaim bahwa performa iPhone 5S telah meningkat 40 kali lipat dan kualitas grafisnya meningkat 56 kali lipat.

Apple juga memperkenalkan sebuah fitur baru bernama  ‘motion co-processor’  M7 pada iPhone 5S. Fitur ini akan terus memantau pergerakan data yang diperoleh dari  accelerometer, gyroscope,  dan kompas di dalam iPhone 5S. Data yang diperoleh kemudian akan digunakan dalam berbagai aplikasi kesehatan dan fitnes yang banyak beredar di App Store.

iPhone 5S masih menggunakan kamera iSight 8 megapiksel seperti yang dipakai pendahulunya namun dengan  upgrade  lensa yang memiliki  aperture  f/2.2 serta sensor yang 15% lebih besar.

Kamera ini juga diklaim mampu melakukan penyesuaian secara otomatis terhadap  white balance, exposure, tone map,  serta  autofocus  untuk menghasilkan foto terbaik.

Aplikasi kamera ini pun memiliki kemampuan mengambil sejumlah mode foto sekaligus untuk kemudian dipilih yang terbaik.

Pada kamera iPhone 5S juga dihadirkan  tambahan dual-LED  flash ‘true tone’,  dimana salah satu LED menggunakan warna biru yang menenangkan dan satu LED lainnya memancarkan warna amber. Gabungan keduanya diklaim akan menghadirkan warna yang seimbang untuk pencahayaan di dalam ruangan.

Peningkatan lainnya juga diberikan kepada kemampuan baterai. iPhone 5S disematkan baterai dengan waktu  standby  250 jam, atau meningkat dari 225 jam di perangkat sebelumnya. Baterai ini juga diklaim memiliki kekuatan 10 jam untuk melakukan  browsing  melalui jaringan 4G LTE, dan 10 jam  talk time  lewat jaringan 3G.

Sama seperti iPhone 5C, pemesanan iPhone 5S dapat dilakukan secara  pre-order  mulai 13 September 2013 dan siap dikirimkan satu minggu kemudian mulai tanggal 20 September 2013.

iPhone 5S dibanderol seharga US$199 untuk versi 16GB, US$299 untuk versi 32GB, dan US$399 untuk versi 64GB. Semuanya terikat kontrak berlangganan selama dua tahun via operator seluler terpilih. [mor]