Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

IPW Desak Kapolri Bongkar Konsorsium 303 Secara Terang Benderang

Sabtu, 10 Sep 2022 - 15:09 WIB
Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso kapolri konsorsium 303 - inilah.com
Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso. (Foto: Istimewa)

Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuktikan komitmen untuk mengusut konsorsium 303.

“IPW mendukung dan mendesak Pak Kapolri mengusut konsorsium perlindungan 303 seperti yang dijanjikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Dan selanjutnya IPW berharap ini bukan janji kosong yang harus dibuktikan ke depannya,” kata Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso kepada inilah.com, Sabtu (20/9/2022).

Sugeng meminta Kapolri Listyo menyampaikan informasi secara terbuka kepada publik terkait perkembangan kasus konsorsium 303.

Termasuk, menguak adanya dugaan keterlibatan oknum petinggi dalam konsorsium 303. “Mestinya memberitahukan kepada publik hasil pendalaman, pemeriksaan dan penyelidikan atas konsorsium 303 ini,” sebutnya.

Baca juga
Kapolri dalam Kasus Brigadir Yoshua: To Be, or Not To Be, That is The Question

Sehingga, lanjut dia, Kapolri tak mengulangi inkonsistensi dalan pengusutan kasus yang berkaitan dengan Ferdy Sambo.

“Karena hal ini ujian terhadap Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam mengusut tuntas sesuai perintah Presiden terkait kasus FS dengan segala kasus ikutannya,” jelasnya.

“IPW mencatat bahwa terdapat ketidakkonsistenan janji Kapolri untuk menegakkan hukum tidak hanya tumpul ke atas tajam ke bawah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji akan mengusut tuntas konsorsium 303. Bahkan, Sigit takkan segan untuk menerbitkan red notice agar mencekal para terduga pelaku atau oknum yang terlibat.

Sementara, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, perkembangan konsorsium 303 belum menjerat anggota Polri. Namun, ia mengakui bahwa Polri telah melakukan pencekalan terhadap salah satu tersangka 303 yang berada di Medan, Sumatera Utara.

Baca juga
Kompolnas Ungkap Polri Setuju Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J

“Bukan anggota (Polri) tapi tersangka 303. Kan sudah ada yangg dicekal dari Polda Sumut,” katanya.

Namun, ia belum menjelaskan lebih lanjut terkait perkembangan kasus konsorsium 303.

Tinggalkan Komentar