Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Iriana Jokowi Ajak Pendamping Delegasi KTT G20 Nikmati Kearifan Lokal Indonesia

Rabu, 16 Nov 2022 - 14:13 WIB
Ibu Negara, Iriana Jokowi mendampingi para istri delegasi KTT G20 di Bali, menikmati kebudayaan Indonesia.

Istri Presiden Republik Indonesia, Iriana Joko Widod0 (Jokowi) mengajak istri kepala negara yang hadir di KTT G20, melihat kearifan lokal Indonesia.

Sebut saja, Mama Noken, musik Gamelan, musik Rindik Bali, musik Gondang Batak, tarian Merak, tarian Tor-tor, semuanya adalah kearifan lokal asli Indonesia.

Iriana juga mengajak para pendamping itu, melihat kerajinan daun lontar, proses membatik dan menenun, produk anyaman, dan alat musik gamelan.

Iriana menyebut, alat musik gamelan memiliki filosofi yakni kerukunan dan toleran. Meski suku Indonesia berbeda-beda namun tetap bisa bersatu. “Harmoni ini merupakan kehidupan masyarakat Indonesia yang rukun dan toleran di tengah perbedaan,” kata Iriana, Selasa (15/11/2022).

Baca juga
Jokowi Blusukan ke Pasar Badung, Cek Harga Selepas KTT G20

Iriana juga menyampaikan bahwa kearifan lokal indonesia terdiri mulai dari kerajinan hingga hidangan khas Indonesia.

Dengan banyaknya kearifan lokal itu, Irana berpesan agar para pendamping memperpanjang waktu kunjungannya, utamanya di Bali. “Saya yakin Bapak, Ibu akan jatuh cinta dengan Indonesia, dengan Bali,” ucapnya.

Pendamping yang Hadir

Pendamping yang hadir antara lain, pendamping Presiden Spanyol Maria Begona Gomez Fernandez, pendamping Presiden Turki Emine Erdogan, pendamping Perdana Menteri Jepang Yuko Kishida, pendamping Presiden Komisi Eropa Heiko von der Leyen, pendamping Presiden Republik Korea Kim Keon-hee, hingga pendamping Presiden Republik Rakyat Tiongkok Peng Liyuan.

Baca juga
Ingin Naik Kelas, 6 UMKM Binaan SIG Rembang Promosi di KTT G20

Setibanya para pendamping itu di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, Iriana menyambut hangat. “Selamat datang di Indonesia. Saya bahagia menyambut kehadiran Ibu dan Bapak di Pulau Bali,” ucap Iriana saat mengawali sambutannya pada acara tersebut.

Usai pendamping bersalaman dengan Iriana, pendamping menuju ruang tunggu yang telah tersedia. Dalam ruang tunggu tersebut, terdapat Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Herliani Tanoesoedibjo serta Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Siti Nugraha Mauludiah, yang bertujuan menemani Iriana Joko Widodo.

Saat pertemuan tersebut berlangsung, Iriana terlihat mengenakan pakaian Nusantara dengan kain tenun Bali. Lantas ia menyambut dan bersalaman dengan para pendamping setibanya di lobi kedatangan. Usai berkeliling dan melihat berbagai kearifan lokal Indonesia, Istri Presiden RI itu kemudian menjamu makan siang ke para pendamping, yang menjadi pertanda bahwa pertemuan tersebut telah selesai.

Tinggalkan Komentar