Selasa, 27 September 2022
01 Rabi'ul Awwal 1444

Istana Negara Gelar Pameran Mobil Kepresidenan Sejak Era Soekarno

Jumat, 12 Agu 2022 - 13:46 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Mobil Rep1 buick 8 soekarno - inilah.com
Mobil Dinas Presiden Soekarno Buick-8 - (Foto: ist)

Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI (HUT RI), Istana Kepresidenan menggelar pameran mobil Kepresidenan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat.

“Hari Senin (15/8/2022) ada pameran mobil di Sarinah yang akan dibuka oleh Menteri BUMN (Erick Thohir),” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Jumat (12/8/2022).

Pameran mobil kepresidenan untuk memperingati HUT RI itu akan digelar hingga 31 Agustus 2022.

Mobil Kepresidenan yang akan dipamerkan di Sarinah adalah kendaraan dinas Kepala negara sejak Presiden RI pertama Soekarno.

Mobil kepresidenan era Presiden pertama RI Soekarno, seperti Buick-8 dan Cadillac.

“Kemudian kan ada satu yang disimpan di Pemda DKI Jakarta, mobil yang disimpan di museum, juga akan kita ambil untuk dipamerkan,” ujar Heru.

Baca juga
Lusa, Aksi Bela Islam 2503 Serbu Istana Negara Bersihkan Penghina Agama

Mobil-mobil itu akan dipamerkan, dan masyarakat dapat berfoto di depan kendaraan bersejarah itu.

Selain mobil Kepresidenan, Istana juga akan memamerkan arsip-arsip Kepresidenan seperti dokumentasi foto dan video negara yang kemungkinan besar masyarakat belum pernah melihatnya.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama sebelumnya menjelaskan pameran arsip dan mobil kepresidenan memiliki tema ‘Indonesia Menjawab’.

“Jadi kami akan memamerkan arsip berupa dokumentasi foto, video, dan juga dokumen-dokumen yang barang kali masyarakat belum pernah melihat itu dan kita akan lebih menekankan bagaimana tujuh orang presiden menjawab krisis dan tantangan di zamannya masing-masing,” tutur Setya.

Baca juga
Sebelum Kecelakaan, Vanessa Angel Sempat Rekam Video Singkat di Dalam Mobil

Selanjutnya pada 17 Agustus 2022, dalam puncak peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Istana Kepresidenan akan melakukan dua kali upacara, yaitu upacara kenaikan bendera Merah Putih yang rangkaiannya dimulai pada pukul 09.45 WIB dengan mengundang sekitar 1.000-2.000 warga untuk menyaksikan langsung di Istana Merdeka.

Kemudian pada sore hari mulai sekitar pukul 15.00 WIB, Istana akan melangsungkan upacara penurunan bendera Merah Putih dengan sekitar 3.000 masyarakat yang dapat mengikuti langsung.

Tahun ini merupakan yang pertama kalinya sejak pandemi COVID-19, Istana Kepresidenan menggelar secara terbuka Upacara HUT Kemerdekaan dengan mengundang langsung masyarakat.

Heru memastikan Istana Kepresidenan akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat saat menggelar Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI.

Tinggalkan Komentar