Italia vs Brasil Bisa Bertemu di Ajang UEFA Nations League

UEFA Nations League - inilah.com
UEFA Nations League

UEFA dan Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) tengah menjajaki liga bersama Nations League yang akan membuat negara-negara seperti Brasil dan Argentina akan bertemu dengan negara kuat eropa seprti italia dan jerman bertanding dalam kompetisi yang diperluas, kata badan sepak bola Eropa.

Reuters melansir, UEFA dan CONMEBOL menentang keras rencana FIFA mengenai Piala Dunia dua tahunan. Kedua konfederasi sepakbola itu pekan ini menandatangani Nota Kesepahaman yang diperpanjang hingga Juni 2028.

“UEFA sedang mengerjakan sejumlah proyek dengan CONMEBOL, termasuk liga bersama Nations League tetapi belum tuntas dan belum ada keputusan yang dibuat,” kata dia dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

Baca juga  Bangunan Roboh di Sisilia, 12 Orang Hilang di Reruntuhan

Dalam sebuah wawancara dengan media Polandia Meczyki pada Kamis, wakil presiden UEFA Zbigniew Boniek mengatakan 10 tim Amerika Selatan akan ditambahkan dalam kompetisi Nations League mulai 2024.

“Mulai 2024 CONMEBOL akan bergabung dengan Nations League. Kami belum tahu formula apa, dalam bentuk apa … kami menandatangani nota kerja sama antara CONMEBOL dan UEFA dan mulai 2024 tim-tim ini akan bermain dalam Nations League,” kata dia.

Dia menegaskan enam tim CONMEBOL akan bergabung dengan Liga A Nations League, sedangkan empat lainnya bergabung dengan Liga B.

FIFA sendiri belum menetapkan kalender pertandingan internasional mulai 2024 dan seterusnya, tetapi mereka ingin mengadakan Piala Dunia setiap dua tahun sekali, dengan kompetisi kontinental seperti Euro berada diantaranya.

Baca juga  Ketum PSSI Tegaskan Tak Pecat Shin Tae-yong

UEFA dan CONMEBOL telah menyatakan penentangan mereka terhadap rencana itu, seperti halnya liga-liga top Eropa, dan malah mendorong untuk bekerja sama di turnamen mereka sendiri menggunakan tanggal yang FIFA ingin gunakan untuk eventnya sendiri.

Tinggalkan Komentar