Rabu, 28 September 2022
02 Rabi'ul Awwal 1444

ITDC: Penyelenggaraan MotoGP 2022 adalah Sukses Bersama

Selasa, 22 Mar 2022 - 05:57 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
ITDC - inilah.com
Gelaran MotoGP Mandalika 2022 (Foto ITDC)

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersyukur ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022 berjalan dengan lancar.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menyampaikan rasa syukurnya,  “Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang telah meluangkan waktu dan berkunjung menyaksikan event MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika Circuit. Perhelatan akbar MotoGP di The Mandalika yang kami rintis sejak kurang lebih lima tahun ini, akhirnya terwujud berkat dukungan besar seluruh stakeholders, mulai pemerintah pusat dan daerah, BUMN, pihak swasta, bahkan seluruh masyarakat. Kolaborasi ini menunjukkan bahwa event MotoGP bukan hanya milik ITDC dan MGPA saja, tapi milik seluruh Indonesia.” kata Abdulbar dalam keterangannya, Senin (21/03/2022).

Dalam mendukung penyelenggaraan balap ini, sejumlah dukungan pendanaan telah diterima oleh ITDC Group, mulai dari pembiayaan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor (LPEI) dengan skema National Interest Account untuk melakukan pembangunan pekerjaan tanah/groundwork Sirkuit sampai penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan fasilitas kredit sindikasi HIMBARA untuk pendanaan pengaspalan main track dan sarana prasarana Sirkuit.

ITDC Group juga menerima dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) untuk pengadaan 28 bidang tanah Penetapan Lokasi (Penlok) 2 untuk membangun fasilitas penunjang Sirkuit. Disamping itu, juga melalui Kemenparekraf, ITDC Group mendapatkan dukungan hosting fee untuk penyelenggaraan event balap 2022-2023 di The Mandalika.

Baca juga
Polisi Rampung Identifikasi 10 Korban Tewas Kecelakaan Maut Truk Pertamina

Kementerian PUPR juga memiliki peran yang penting dalam mendukung penyelenggaraan event MotoGP yang telah membangun infrastruktur pendukung dan menata kawasan The Mandalika seperti bypass Bandara Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) ke Kawasan The Mandalika sepanjang 17,3 km, pelebaran jalan akses Kuta-Keruak sepanjang 5,5 km dengan penambahan lajur menjadi 4 lajur, pembuatan saluran drainase beton di tepi badan jalan, penataan kawasan dengan mengadopsi penghijauan, penataan koridor jalan, serta perbaikan alinyemen vertikal dan horizontal jalan eksisting.

Kementerian PUPR juga telah membangun sarana hunian pariwisata (sarhunta) yang menjadi dukungan alternatif penginapan bagi penonton yang menuju The Mandalika selama event MotoGP berlangsung.

Selain berkolaborasi dengan PT Wijaya Karya (Persero) dan PT PP (Persero) dalam pembangunan Sirkuit, ITDC Group juga berkolaborasi dengan sejumlah BUMN dan perusahaan di Indonesia untuk penyelenggaraan MotoGP 2022 melalui sponsorship Mandalika GP Series. BUMN dan perusahaan ter-sebut adalah PT Pertamina (Persero) untuk track naming right serta PT Telkom Indonesia, PT Tele-komunikasi Selular (Telkomsel), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., PT Bank Mandiri (Persero), Tbk., PT PGN Tbk. sebagai venue partner, PT GoTo Gojek Tokopedia, dan PT PP (Persero) sebagai main sponsor, serta Aprillia Indonesia, Astra Honda Motor, J&T Express, PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk., TDR High Performance Technology, RCB (Racing Boy) dan KYT Helmet sebagai support-ing sponsor.

Baca juga
Nekat jadi Sponsor Tunggal MotoGP Mandalika, Menteri Erick Puji Pertamina

Dukungan yang tak kalah penting adalah dari TNI dan Polri. TNI dan Polri telah all out mendukung mulai saat persiapan maupun saat penyelenggaraan. Ribuan personil TNI-Polri telah diterjunkan guna mem-bantu pengamanan event ini dan hasilnya adalah event MotoGP berlangsung aman dan kondusif.

“Sukses penyelenggaraan MotoGP 2022 adalah sukses bersama. Dengan rencana penyelenggaraan MotoGP-WSBK selama 10 tahun di Indonesia, kami berharap kolaborasi yang telah terjalin selama ini akan terus berlanjut ke depan,” tambah Abdulbar.

Selain MotoGP race sebagai agenda utama, event hari ini juga memiliki keseruan lainnya yaitu adanya penampilan Aerobatic Show yang melibatkan 6 pesawat dari TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan pen-ampilan Marching Band TNI Angkatan Darat (TNI AD). Penonton juga dihibur oleh penampilan Pamungkas, DJ Ninda Felinda, Band Samsons, dan Band Slank di panggung BNI Mandalika Music Vibes yang digelar di area inner circuit, setelah balapan selesai. Seluruh kegiatan telah terlaksana dengan baik dan kondusif, termasuk sejumlah event lain yang digelar di dalam kawasan The Mandalika, seperti Mandalika Tropical Festival di Tanjung Aan, Festival Jajajan Bango di Kuta Beach Park, Konser Mandalika Weekender di Pantai Kuta, Food Truck Festival serta Pameran UMKM Pemprov NTB dan Pemkab Lombok Tengah di Parkir Timur 1 Mandalika.

Baca juga
Marwan: Solar Langka, Skenario Pertamina Mengganti dengan Dexlite

“Penyelenggaraan MotoGP 2022 selama 3 hari telah kita jalani dan sejarah besar telah terukir setelah penantian panjang selama 25 tahun. Kami mendapatkan banyak pengalaman berharga guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan event mendatang. Kami berkomitmen untuk terus belajar dan akan mempersiapkan penyelenggaraan event-event balap lain yang akan digelar di Pertamina Mandalika Circuit dengan lebih baik lagi,” tutup Abdulbar.

Tinggalkan Komentar