https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   15 September 2021 - 17:04 wib

Kesehatan Mental Tak Melulu Soal Usia, Simak Ciri-Cirinya

IXU
berita-headline

Ternyata, Kesehatan Mental Tidak Melulu Soal Usia

Kesehatan mental tengah menjadi isu hangat di kalangan milenial. 'Mental health' bahasanya kerennya, kini menjadi standar gaya hidup kalangan milenial disamping rutinitas kesibukkan sehari-hari.

Bagi kaum pekerja, yang bekerja penuh dengan tekanan, mental health jadi penting untuk menjaga keseimbangan antara kesibukan dengan kesehatan.

Tapi tahukah kamu, tanda-tanda mental health tidak terpaku pada usia?

Salah satu tanda bahwa kamu sudah dewasa secara emosional adalah gak malu buat minta maaf, terutama saat berbuat salah. Manusia gak lepas dari kesalahan. Tapi, bukan berarti kamu gak bisa memperbaiki keadaan tersebut.

Bersikap lapang dada dan meminta maaf kepada orang yang kamu sakiti merupakan sikap yang bijak. Selain itu, penting juga untukmu agar bisa memaafkan kesalahan diri sendiri.

Seseorang yang dewasa, gak akan berbohong soal perasaannya sendiri. Sebaliknya, ia akan merangkul segala emosi yang ia rasakan, mulai dari emosi negatif hingga positif.

Tapi, yang perlu digarisbawahi adalah kamu gak bisa membiarkan emosi itu untuk mengontrol hidupmu. Sadari apa yang kamu rasakan, tapi belajarlah untuk mengolahnya dengan baik.

Kamu harus mengenal siapa dirimu dan seperti apa potensi yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghargai proses apa pun yang tengah kamu lalui.

Hal ini secara otomatis membuatmu lebih sayang pada diri sendiri. Kamu gak akan membiarkan orang lain memperlakukanmu dengan seenaknya karena kamu tahu caranya bahagia.

Ketika menghadapi situasi yang dinilai sulit, orang-orang yang sudah dewasa secara mental akan memikirkan langkahnya secara matang. Jangan bersikap terlalu impulsif apalagi terkait dengan hal-hal yang menyangkut masa depanmu.

Apakah kamu terbiasa mengungkapkan syukur dan kasih sayangmu dengan sesama? Selamat, kamu sudah dewasa secara emosional. Mengungkapkan emosi positif itu, tak hanya baik buat diri sendiri, tapi juga berpengaruh pada hubunganmu dengan orang lain.

Sikap positif dan optimis juga jadi bagian dari diri seseorang yang sudah dewasa. Kamu yang memilikinya, gak akan membiarkan pikiran negatif menguasai hari-harimu.

Kemampuan mendengarkan adalah sesuatu yang penting untuk semua orang. Hal ini membuatmu jadi orang yang lebih empatik dan bijaksana.

Sikap ini bisa kamu latih. Ketika teman curhat, kamu dengarkan ceritanya dengan sepenuh hati, dan jaga kontak mata dengannya. Kamu gak perlu selalu memotong ucapannya atau malah membalasnya dengan ceritamu juga.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Waspada, Kenali Tanda-Tanda Seseorang Ingin Bunuh Diri

Bunuh diri harus dicegah sedini mungkin. Fenomena bunuh diri semakin meningkat kasusnya bahkan di
berita-headline

Inersia

Pentingnya Perhatikan Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Kesehatan mental menjadi salah satu isu yang marak dibicarakan terutama di masa pandemi saat ini.
berita-headline

Inersia

Sembilan Cara Cegah Bunuh Diri

Ketua Umum Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia, Dr. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si.,Psikolog, m
berita-headline

Inersia

Indonesia, Pria Tiga Kali Lebih Banyak Bunuh Diri Dibanding Perempuan

Dr. Sandersan (Sandy) Onie, Peneliti Kesehatan Mental dalam Pencegahan Bunuh Diri menjelaskan ten