https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   13 October 2021 - 11:49 wib

Cara Dapatkan Beasiswa LPDP untuk Santri dan Kader Ulama 2021

IXU
berita-headline

ist

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali membuka pendaftaran beasiswa bagi Santri dan kader ulama yang ingin melanjutkan ke pendidikan S2 magister dan S3 doktor.  

Program Beasiswa Santri dan Pendidikan Kader Ulama pada tahun 2021 ini mulai dibuka LPDP pada Senin, 11 Oktober 2021, registrasi virtual telah dibuka melalui laman beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.



LPDP menetapkan sejumlah syarat bagi santri dan kader ulama yang hendak mengikuti seleksi beasiswa ini. Jadwal dan alur pendaftaran akan melalui sejumlah tahapan seleksi.

Beasiswa santri diberikan kepada santri yang diusulkan oleh pondok pesantren berdasarkan rekomendasi pimpinan pesantren dan Kementerian Agama.

Sementara Beasiswa Pendidikan Kader Ulama adalah beasiswa jenjang magister dan doktor yang dikelola Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bekerja sama dengan Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan LPDP yang mengurus pembiayaan calon ulama.

Pendaftaran kedua Beasiswa dilakukan dari 11 hingga 22 Oktober 2021. Seleksi Administrasi dilakukan pada 23 hingga 24 Oktober. Seleksi Substansi Akademik & Kebangsaan dilakukan pada 29 Oktober. Lalu, Seleksi Wawancara akan berlangsung pada 15 hingga 25 November.

Perguruan tinggi tujuan Beasiswa Santri dapat diakses di sini. Sementara perguruan tinggi tujuan Beasiswa Kader Ulama adalah Institut PTIQ Jakarta, sedangkan untuk program magister maupun doktoral adalah Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.

Mengutip dari laman resmi LPDP, Beasiswa Santri diberikan kepada santri yang diusulkan oleh pondok pesantren berdasarkan rekomendasi pimpinan pesantren dan Kementerian Agama, dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Aktif sebagai pendidik, dan/atau tenaga kependidikan di Pondok Pesantren atau satuan-satuan Pendidikan keagamaan yang diselenggarakan oleh pesantren sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun terakhir.

2. Alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dan/atau Ma’had Aly lulusan 2 (dua) tahun terakhir.

Alumni Penerima Beasiswa Santri bakal diminta untuk berkontribusi di pondok pesantren asal atau pondok pesantren lain dengan persetujuan pondok pesantren asal; atau mengikuti program pendayagunaan sesuai aturan di Kementerian Agama.

Perguruan Tinggi Tujuan

Perguruan tinggi tujuan Beasiswa Santri adalah Perguruan Tinggi Tujuan Luar Negeri program BPI Afirmasi LPDP yang berlaku

Skema Beasiswa Santri

Beasiswa Santri disediakan untuk jenjang pendidikan Magister Luar Negeri dan Doktor Luar Negeri:

1. Magister satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan; dan

2. Doktoral satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan.

3. Pendaftar Beasiswa Santri yang telah mempunyai dan mengunggah LoA Unconditional (Letter of Acceptance) atau surat diterima di perguruan tinggi tujuan dengan tanpa syarat wajib memilih 1 (satu) Perguruan Tinggi Tujuan Luar Negeri sesuai dengan daftar Perguruan Tinggi LPDP.

4. Pendaftar Beasiswa Santri yang belum memiliki LoA Unconditional (Letter of Acceptance) wajib memilih 3 (tiga) Perguruan Tinggi Tujuan Luar Negeri yang ada dalam daftar Perguruan Tinggi LPDP dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun. Penerima Beasiswa Santri dapat mengikut Program Pengayaan.

Komponen Biaya yang Diberikan

Bagi penerima beasiswa ini LPDP bakal memberikan biaya pendidikan, biaya pendaftaran, biaya SPP/Tuition Fee, tunjangan buku, biaya penelitian tesis/disertasi, biaya seminar internasional, biaya publikasi jurnal internasional, biaya pendukung, transportasi, aplikasi visa/Residence Permit, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, biaya keadaaan darurat, tunjangan keluarga (Khusus Doktor), serta biaya pengayaan.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Viral

Cara UAH Mencari Santri dan Guru Pesantren Berprestasi

Dalam rangka menyemarakkan dan menyambut Hari Santri nasional 2021 yang diperingati setiap 22 Okt
berita-headline

Viral

Santri Pesantren Pengganti Menteri Agama Sudah Mulai Bekerja

Afi Ahmad Ridho yang mendapatkan kesempatan untuk menggantikan posisi Menteri A
berita-headline

Viral

Beri Klarifikasi, Menteri Yaqut: Saya Jelaskan untuk Menyemangati Santri

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengklarifikasi pernyataannya soal Kementerian Agama
berita-headline

Viral

Usulan Ditjen Pesantren, Menag Sebut Wapres Setuju

Usulan penambahan direktorat jenderal (ditjen) di Kementerian Agama yang mengurusi pesantren tela
berita-headline

Viral

Viral Santri Tutup Telinga, Muhammadiyah, NU dan MUI Kompak Membela: Setop Nyinyir

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah beserta Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Majelis Ulama