https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   14 October 2021 - 03:24 wib

Jaga Kesehatan Kulit Anak Agar Tidak Terjadi Ruam Popok

IXU
berita-headline

istimewa

Memiliki bayi adalah sebuah momen paling menyenangkan juga menegangkan bagi setiap orangtua. 

Hadirnya buah hati dipastikan memberi perubahan yang besar serta tantangan tersendiri dari kehidupan orangtua, terlebih lagi ketika bayi lahir di masa pandemi Covid-19. 

Indonesia termasuk dalam negara dengan jumlah kelahiran tertinggi selama 9 bulan sejak deklarasi pandemi oleh WHO yaitu sebanyak 4 juta kelahiran. 

Menjadi orangtua baru tidak mudah. Hal yang paling sering dihadapi para orangtua baru adalah ketika kulit anak sangat sensitif terlebih saat menggunakan popok. 

Sebagai organ terluas yang melindungi tubuh, kesehatan kulit perlu dijaga terutama pada kulit bayi yang lebih sensitif dan belum berfungsi optimal.  Lantas bagaimana cara melindungi kulit bayi yang sensitif agar tidak sakit?

dr. Andreas, Sp.A, Dokter Spesialis Anak, menjelaskan pemilihan popok mulai dari bahan, ukuran, fungsi yang cocok untuk bayi memegang peranan penting bagi kenyamanan gerak dan kesehatan kulit bayi. 

“Sangat disarankan menggunakan popok yang terbuat dari bahan yang berkualitas, melalui proses produksi yang terpercaya dan teruji klinis, memiliki daya serap yang tinggi dan dapat menjaga kesehatan kulit bayi. Memiliki bahan yang higienis juga merupakan nilai plus,” kata Andreas saat temu media virtual merries, Jakarta, Rabu, (13/10/2021). 

Salah satu masalah yang disebabkan dari pemakaian popok adalah diapers rash atau ruam popok. Hal ini ditandai dengan iritasi dan peradangan kulit bayi. Adanya kemerahan pada kulit bayi di daerah pantat, lipatan paha, dan juga kelamin. 

Ada banyak sebab terjadinya ruam popok, umumnya terjadi akibat urine dan tinja yang terkumpul di dalam popok. 

Ruam popok juga terjadi akibat terlalu ketat, adanya infeksi bakteri, dan penyakit kulit lainnya.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

berita-headline

Inersia

Dampak Anak Penyintas Covid-19 Berpengaruh pada Konsentrasi

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa salah satu kondisi yang kerap dialami penyintas
berita-headline

Inersia

Anak dengan kelainan Jantung Bawaan Berisiko Malnutrisi

Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Dr. dr. I Gusti Lanang Sidhiarta S