Jumat, 12 Agustus 2022
14 Muharram 1444

Jadi Anggota DPR Belgia, Siap-Siap Dipantau ‘Robot’

Jumat, 24 Des 2021 - 13:26 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Anggota Parlemen Belgia Diawasi Robot Saat Rapat - inilah.com
Anggota Parlemen Belgia Diawasi Robot Saat Rapat

Digital artist Dries Depoorter membuat perangkat lunak yang bisa mendeteksi anggota parlemen Belgia yang bermain ponsel selama rapat berlangsung.

Depoorter menciptakan algoritme kecerdasan buatan (AI) bernama “The Flemish Scrollers” dengan menggunakan pengenalan wajah atau face recognition. Hal itu dimaksudkan agar bisa memanggil para politisi di provinsi Flemish Belgia yang ‘hobi’ bermain ponsel ketika rapat.

Bot AI tersebut dirilis pada Senin 5 Juli lalu. Sistem dalam perangkat mampu memantau acara pertemuan pemerintah secara live di YouTube guna mendeteksi berapa lama para wakil rakyat bermain ponsel di tengah rapat berlangsung.

Jika AI berhasil mendeteksi para pejabat yang bermain ponsel ketika rapat, bot tersebut secara otomatis akan memposting klip video di akun media sosial Instagram @TheFlemishScrollers, dan juga di Twitter @FlemishScroller.

Baca juga
Waspadai Temuan Omicron di Wisma Atlet

Diketahui, semua pertemuan pemerintah Flemish di Belgia disiarkan di YouTube. Di sinilah Depoorter menggunakan perangkat lunak AI untuk menelusuri rekaman dan memindai ponsel apapun yang terlihat. Ketika mendeteksi penggunaan telepon, ia menggunakan pengenalan wajah untuk mencari tahu politisi mana yang terganggu dari pertemuan tersebut.

Ia kemudian mempublikasikan klip itu ke Twitter dan Instagram, dan menyertakan username media sosial pelaku, sambil memberi tahu mereka untuk tetap fokus. Melalui website resmi Depoorter, dijelaskan bahwa mesin akan menelusur rekaman lama, jadi bukan untuk rekaman rapat yang terbaru.

Melansir Mashable, proyek tersebut dibuat setelah Kepala Pemerintahan Flemish, Jan Jambon menuai kemarahan publik karena bermain game Angry Birds selama membahas kebijakan.

Baca juga
Chelsea Bakal Jadi Tim Pertama yang Dipimpin Wasit Robot

Perangkat itu telah membantu mengawasi para politisi yang lalai akan tanggung jawabnya. Namun bot AI baru digunakan di provinsi Flemish, Belgia. Belum diketahui juga apakah perangkat tersebut akan diproduksi secara massal atau tidak.

Tinggalkan Komentar