Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

Jadi Anggota Kehormatan ILUNI, Erick Thohir Dinilai Berperan Besar Bagi UI

Erick Thohir ILUNI UI - inilah.com
Menteri BUMN Erick Thohir mendapat gelar kehormatan dari ILUNI UI - dok ILUNI UI

Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) memberikan gelar Anggota Kehormatan ILUNI UI kepada empat orang tokoh nasional. Mereka yaitu Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI Saleh Husin, Guru Besar FKM UI Prof drh Wiku Bakti Bawono Adisasmito, dan Komisaris Utama Bluebird Noni Sri Ayati Purnomo.

“Gelar Anggota Kehormatan ILUNI UI adalah bentuk apresiasi kepada para tokoh yang selama ini sudah berjasa pada berbagai kegiatan sebagai bagian dari Hasil Temu ILUNI,” kata Ketua Umum ILUNI UI, Andre Rahadian dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Keempat tokoh itu dinilai telah memberikan kontribusi besar bagi sivitas akademika UI, alumni UI, dan masyarakat sesuai peranan dan bidangnya masing-masing.

Saleh Husin sebagai Ketua MWA UI dinilai mampu menjembatani UI, ILUNI UI, dan pihak eksternal, serta memberikan solusi dalam setiap audiensi yang diinisiasi oleh UI maupun ILUNI UI.

Baca juga
Prabowo Tidak Baper dengan Sebutan Macan Jadi Meong

Erick Thohir sebagai Menteri BUMN dinilai berjasa besar, salah satunya melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian BUMN dan UI yang meliputi kerja sama penelitian, serta hilirisasi temuan atau inovasi potensial guna mendukung kinerja BUMN.

Selain Erick, Noni Purnomo juga merupakan sosok Anggota Kehormatan ILUNI UI yang dinilai telah memberikan inspirasi melalui kepemimpinan dan dukungannya terhadap pembangunan sarana di beberapa fakultas di UI, juga dukungan pada kegiatan-kegiatan ILUNI UI.

Selanjutnya, kontribusi kepada UI dan masyarakat juga ditunjukkan oleh peranan Prof Wiku sebagai juru bicara Satgas COVID-19 yang membantu dalam memberantas hoaks terkait COVID-19.

Baca juga
Perlindungan Agen BRILink Jadi Perhatian Menteri Erick

Andre berharap pemberian gelar Anggota Kehormatan ILUNI UI akan mempererat silaturahim dengan para tokoh, sekaligus memberikan manfaat lebih besar bagi sivitas akademika UI dan alumni UI, terutama ditengah situasi pandemi dari ancaman polarisasi. Selain itu, diharapkan penganugerahan itu akan berdampak pada kemajuan bangsa dan negara melalui visi kohesi kebangsaan yang diinisiasi ILUNI UI.

“Diharapkan kehadiran para tokoh sebagai Anggota Kehormatan ILUNI UI membawa kontribusi untuk mendorong persatuan antara elemen bangsa, serta berkontribusi untuk Indonesia bangkit setelah pandemi. ILUNI UI siap berkolaborasi dengan berbagai pihak ke depannya,” ujar Andre.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan apresiasi atas kesempatan sebagai Anggota Kehormatan ILUNI UI. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada dukungan Rektor UI yang terus berkolaborasi dengan ILUNI UI.

Baca juga
Kematian Akibat COVID-19 Melonjak, Perawatan Medis Hong Kong Fokus untuk Lansia

Erick juga mengingatkan pentingnya link and match dalam dunia pendidikan dan dunia pekerjaan. Terutama, dengan berbagai disrupsi mulai dari kesehatan, digitalisasi, hingga disrupsi rantai pasok global, serta besarnya jumlah penduduk Gen-Z, akan menciptakan disrupsi lapangan pekerjaan.

Oleh karena itu, Erick mendorong UI sebagai universitas besar di Indonesia untuk menata ulang dan secara jujur terbuka terkait program link and match antara pendidikan dan terciptanya lapangan pekerjaan.

“BUMN ingin sekali bekerja sama dengan UI, Menteri Pendidikan, untuk bicara link and match. Ini akan jadi hal positif, bisa jadi mapping universitas di Indonesia, tapi kita mulai dari UI tentunya,” tandas Erick Thohir.

Tinggalkan Komentar