Minggu, 04 Desember 2022
10 Jumadil Awwal 1444

Jadi Calon Kuat Pj Gubernur DKI, Kasetpres Heru Tidak Jemawa

Rabu, 14 Sep 2022 - 18:59 WIB
Heru Budi Hartono (Antara)

Kepala Sekretaris Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyerahkan soal proses penetapan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta kepada  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Heru disebut-sebut menjadi calon kuat Pj Gubernur DKI menggantikan Anies Baswedan karena dianggap jadi orang dekat Jokowi.

Ketika ditanyai soal peluang tersebut, Heru tidak mau jemawa. Dia menyerahkan mekanisme pemilihan Pj Gubernur DKI kepada Kemendagri.

“Masih proses di Kemendagri kan,” kata Heru saat dikonfirmasi dari Jakarta, Rabu (14/9/2022).

DPRD DKI Jakarta telah menyetor tiga nama kandidat Pj Gubernur DKI kepada pemerintah melalui Kemendagri. Ketiga nama tersebut yakni Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali dan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar Baharuddin.

Baca juga
Tinjau Pasar Gembrong, Anies: Kami Tidak Akan Membiarkan Warga Sendirian Hadapi Musibah

“Mekanismenya kan Mendagri mengusulkan nama-nama ke Presiden, dan tahapan berikutnya dibahas lagi di TPA (Tim Penilai Akhir) oleh Presiden dan lembaga terkait,” ucap Heru.

Dalam rapat pimpinan gabungan (rapimgab) DPRD DKI Jakarta tersebut, Heru dan Marullah masing-masing mengantongi sembilan suara. Artinya seluruh fraksi di DPRD DKI yang berjumlah sembilan fraksi memilih dua figur tersebut. Setelah terpilih tiga nama usulan dari DPRD DKI, kewenangan akhir ada di tangan Presiden Joko Widodo yang akan memilih satu orang sebagai Penjabat Gubernur DKI menggantikan Anies Baswedan yang akan mengakhiri masa jabatan pada 16 Oktober 2022 bersama dengan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria.

Baca juga
Tolak Mobil Dinas, Peduli Nasib Buruh, Santuy Hadapi Hinaan: Sedikit dari Banyak Persamaan Anies dengan Anwar Ibrahim

Selain dari DPRD DKI, Kementerian Dalam Negeri juga mengusulkan tiga nama, sehingga total akan ada enam nama yang diusulkan kepada Presiden Jokowi. Nama-nama usulan dari Kemendagri bisa sama dengan tiga nama yang diusulkan DPRD DKI atau berbeda.

Tinggalkan Komentar