Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Jadi PM Inggris, Rishi Sunak Catatkan Sejarah

Senin, 24 Okt 2022 - 21:12 WIB
Kekayaan PM Inggris Rishi Sunak Capai Rp12,9 Triliun Lebih Tajir dari Raja Charles III
Rishi Sunak (foto: Financial Times)

Rishi Sunak akan segera menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya, setelah pesaing utamanya Penny Mordaunt memutuskan untuk mundur dari pencalonan, Senin (24/10/2022). Sunak akan menjadi pemimpin ketiga Inggris dalam tujuh pekan terakhir dan menjadi PM Inggris dari kulit berwarna pertama

Pria berusia 42 tahun itu siap untuk membuat sejarah sebagai perdana menteri kulit berwarna pertama Inggris, sebuah tonggak sejarah baru bagi negara tersebut.

Sunak, yang naik dengan cepat dari seorang anggota parlemen pemula menjadi kanselir Menteri Keuangan pada usia 39 tahun. Dia lahir di Southampton, pantai selatan Inggris, dari orang tua keturunan India yang hijrah dari wilayah kolonial Inggris di Afrika Timur pada enam dekade silam.

Baca juga
Varian Baru Cacar Monyet Ditemukan di Inggris

Ayahnya adalah dokter keluarga; ibunya mengelola apotek. Pada situs resminya, Sunak mengatakan bahwa salah satu pengalaman pertamanya dalam bisnis adalah bekerja di toko kecil milik ibunya. “Saya tumbuh dengan menyaksikan orang tua saya melayani komunitas lokal kami dengan dedikasi,” katanya.

Kakek dan nenek Sunak berasal dari Punjab, India. Dia mengatakan bahwa dirinya mengalami sedikit rasisme saat tumbuh dewasa, tetapi menceritakan dalam sebuah wawancara BBC sebuah insiden dari masa remajanya yang terus membekas dalam ingatannya. Saat bersama dua adiknya di restoran cepat saji, katanya, dia mendengar beberapa pelanggan lain menyebut mereka dengan julukan rasis.

Baca juga
Mulai 1 Juli, Fiat Setop Penjualan Mobil Berbahan Bakar Fosil di Inggris

Tetapi Sunak menambahkan bahwa dia ‘tidak dapat membayangkan hal itu bakal terjadi hari ini’ di Inggris.

Tinggalkan Komentar