Sabtu, 25 Juni 2022
25 Dzul Qa'dah 1443

Jadi PNS Harus Siap Terima Gaji Kecil

Selasa, 31 Mei 2022 - 09:57 WIB
Penulis : Aria Triyudha
Antarafoto Pelantikan Pns Banten 020222 Af 2 - inilah.com
Sejumlah CPNS yang dinyatakan lulus mengucapkan sumpah jabatan menjadi PNS saat upacara pelantikan di Serang, Banten, Rabu (2/2/2022). Foto: Antara Foto/Asep Fathulrahman

Ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengundurkan diri karena faktor gaji yang dinilai kecil. Padahal, mereka sepatutnya sudah menyadari konsekuensi apabila menjadi seorang abdi negara.

“Itu sudah berlaku umum dan semua orang sudah tahu. Konsekuensi jadi PNS itu gajinya kecil. ditempatkan di mana saja,” kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia, mengutip Antara, Selasa, (31/5/2022).

Dia memandang, PNS merupakan pilihan hidup. Seseorang yang memilih menjadi PNS harus bisa mempertanggungjawabkannya.

“Mereka itu tahu PNS gajinya berapa dan bagaimana kondisi kehidupannya,” tegas Doli.

Terkait sanksi untuk PNS yang lulus kemudian mengundurkan diri, kata Doli, dia masih mempelajari apakah ada aturan tersebut. “Tapi kalau memang itu ada, saya kira ini harus ditegakkan.”

Baca juga
Soal Pj Gubernur, Pemerintah Harus Laksanakan Putusan MK

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat sebanyak 105 CPNS mengundurkan diri. Mereka mundur setelah lulus tes seleksi penerimaan tahun 2021. CPNS mundur ini paling banyak berasal dari Kementerian Perhubungan dengan jumlah yang mengundurkan diri mencapai 11 orang.

Mencuat dugaan, ratusan CPNS itu mundur antara lain terkait faktor kecilnya gaji.

Tinggalkan Komentar