Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Jadi yang tercepat, Aleix Espargaro Raih Pole Position GP Argentina

Aleix Espargaro jadi yang tercepat di kualifikasi MotoGP Argentina
Aleix Espargaro jadi yang tercepat di kualifikasi MotoGP Argentina

Pebalap Spanyol Aleix Espargaro berhasil mengeklaim pole position perdananya di MotoGP Argentina setelah menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi, Sabtu.

Catatan satu menit 37,688 detik Espargaro cukup untuk mengamankan posisi start terdepan dan menggusur pebalap tim Pramac Racing Jorge Martin ke posisi kedua dengan margin 0,151 detik.

Kedua pebalap itu akan ditemani start di baris terdepan Sirkuit Termas de Rio Hondo oleh Luca Marini dari tim VR46, milik mantan juara dunia Valentino Rossi.

Pol Espargaro finis keempat untuk tim Repsol Honda sedangkan Maverick Vinales menegaskan kecepatan Aprilia di lima besar, mengungguli juara dunia bertahan Fabio Quartararo yang mengambil spot terakhir baris kedua di P6.

Baca juga
Cristiano Ronaldo Bikin Hattrick, MU Menang 3-2 atas Norwich City

Aleix Espargaro mendominasi sesi latihan Sabtu setelah salah satu pesawat yang mengangkut logistik tim-tim MotoGP mengalami masalah teknis dan tiba terlambat di Termas.

Sang pebalap Spanyol cukup senang dengan raihan pole position yang menjadi pertama baginya sejak ia membalap untuk Suzuki pada 2015.

“Saya sangat senang, saya rasa kami bisa bangga,” kata pebalap berusia 32 tahun itu seperti dikutip Reuters. “Kami telah bekerja sangat keras selama lima tahun terakhir. Kami memperbaiki diri dari hari ke hari dan semakin mendekati motor-motor terbaik di dunia. Ini adalah dorongan tambahan untuk besok,” ungkapnya.

Baca juga
Jokowi Cek Kesiapan MotoGP 2022 di Mandalika

Martin, yang tampil sangat cepat di lap terakhirnya sempat menggeser Espargaro ke peringkat dua, akan berupaya mengincar kemenangan pertamanya pada musim ini.

“Sangat percaya diri untuk besok. Lajunya baik dan cepat. Kami siap untuk apapun,” kata pebalap tim satelit Ducati itu.

Pemuncak klasemen sementara Enea Bastianini, yang memenangi seri pembuka di Qatar, dan runner-up 2021 Francesco Bagnaia harus menelan kecewa ketika keduanya gagal menyelesaikan Q1 dan bakal start dari P13 dan P14.

Stefan Bradl diturunkan Honda untuk menggantikan juara MotoGP enam kali Marc Marquez di balapan seri ketiga di kalender musim 2022 tersebut setelah sang pebalap Spanyol kembali mengalami cedera penglihatan ganda pasca kecelakaan di Mandalika.

Tinggalkan Komentar