Jumat, 02 Desember 2022
08 Jumadil Awwal 1444

Jaga Inflasi, Mendag Zulhas Himbau Kepala Daerah Rajin Pantau Harga

Senin, 12 Sep 2022 - 08:25 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Sejak awal dilantik hingga kini, rajin blusukan ke pasar tradisional untuk pantau harga bahan pangan.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengajak kepala daerah untuk rajin memantau harga barang khususnya sembako. Agar kenaikan harga atau inflasi bisa cepat tertangani.

Usai memantau harga sembako di berbagai daerah yang dipantaunya, dirinya menyimpulkan bahwa harga masih relatif stabil, usai kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). “Kami, Minggu pagi melakukan pemantauan dan pengecekan harga sembako di Semarang, (harga) relatif stabil,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan usai melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Pengurus Besar Mathlaul Anwar (PBMA) dan Kementerian Perdagangan di Kabupaten Pandeglang, Banten, Minggu (11/9/2022).

Mendag mengemukakan, pihaknya setiap hari melakukan pemantauan dan pengecekan harga sembako diberbagai daerah di Tanah Air usai kenaikan BBM. Dari hasil pemantau dan pengecekan harga setiap hari tersebut, lanjutnya, ditemukan bahwa harga sembako relatif aman dan stabil juga pasokan melimpah.

Baca juga
Logika Bengkok Negara Naikkan Harga BBM Nonsubsidi Ketika Minyak Dunia Turun

Kementerian Perdagangan, masih menurut dia, saat ini memfokuskan untuk penanganan akan terjadinya kenaikan angkutan, sehingga dapat memicu lonjakan harga sembako di pasaran.

Oleh karena itu, lanjutnya, Kementerian Perdagangan bersama gubernur, wali kota dan bupati jika kenaikan sembako di atas lima persen maka pemerintah daerah harus memberikan bantuan transportasi kepada pemilik atau perusahaan angkutan.

Ia mencontohkan, produk telur dari Provinsi Banten dipasok ke Provinsi Lampung, maka Pemerintah Lampung wajib memberikan bantuan kompensasi transportasi angkutan. Begitu juga produk cabai dari Provinsi Jawa Tengah ke Provinsi Banten, maka Pemerintah Provinsi Banten membantu biaya kompensasi transportasi. “Kami meyakini dengan pola seperti itu dipastikan tidak akan terjadi gejolak kenaikan harga bahan pokok,” kata Zulkifli.

Baca juga
Bertemu Diaspora di AS, Mendag Sampaikan Program Penguatan Pasar Tradisional dan Perluasan Pasar Ekspor Baru

Ia mengajak agar gubernur, wali kota dan bupati agar setiap hari melakukan pemantauan dan pengecekan harga bahan pokok di pasaran. “Kami optimistis harga sembako usai kenaikan BBM tidak terjadi gejolak harga di pasaran, karena pasokan berjalan lancar juga melimpah,” kata Mendag Zulhas.

Tinggalkan Komentar