Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

Jaga Perairan Indonesia, Bea Cukai Bangun Sinergi dengan KSOP dan Polairud

Selasa, 24 Mei 2022 - 19:47 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Bea Cukai
Foto ist

Bea Cukai merupakan salah satu instansi penegak hukum yang memiliki wewenang untuk menegakkan hukum di bidang kepabeanan dan cukai. Sebagai pelindung masyarakat, Bea Cukai tidak bekerja sendirian dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Untuk meningkatkan kerja sama dalam penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia, Bea Cukai melakukan koordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon serta Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) di Batam dan Belawan.

“Untuk meningkatkan sinergi yang lebih kuat antarinstansi dalam menjaga perairan di wilayah Ambon, Batam, dan Belawan, Bea Cukai berkoordinasi dengan Kepala KSOP Kelas I Ambon dan Polairud wilayah Kepulauan Riau dan Belawan untuk melakukan pengawasan melalui patroli laut gabungan,” ujar Hatta Wardhana, Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Baca juga
Bersama Bank Indonesia, Bea Cukai Kawal Ekspor UMKM di 4 Daerah Ini

Hatta menyampaikan bahwa operasi patroli laut gabungan merupakan patroli yang dilaksanakan bersama dengan aparat penegak hukum lainnya untuk mengawasi dan menjamin terpenuhinya hak negara di bidang kepabeanan dan cukai di wilayah perairan. Pelaksanaan tugas pengawasan diharapkan dapat lebih efektif dan memberikan dampak positif dalam mencapai tujuan organisasi di masing-masing unit.

“Koordinasi ini fokus terhadap isu tertentu di sejumlah wilayah. Di wilayah Belawan, tugas kali ini fokus terhadap pengawasan minyak goreng, CPO (crude palm oil) dan turunanannya serta atensi terhadap ekspor dan impor hewan ternak karena merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak. Sementara di wilayah Batam dan Ambon, fokus terhadap pengawasan perairan di wilayah perairan Kepulauan Riau dan Ambon,” terang Hatta.

Baca juga
Hari Jadi Bea Cukai ke-75, Menteri Keuangan Sri Mulyani Beri Apresiasi

Hatta juga menegaskan bahwa sinergi dengan instansi penegak hukum lainnya merupakan komitmen Bea Cukai dalam rangka mengamankan hak-hak negara dan melindungi masyarakat. Melalui kerja sama yang kuat dan menjunjung solidaritas antarinstansi diharapkan dapat tercipta pemahaman bersama untuk menjaga tegaknya keadilan dan kepastian hukum di Indonesia.

Tinggalkan Komentar