Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Jakarta Menuju Kota Global, Anies Petakan 10 Sasaran

Jakarta Menuju Kota Global, Anies Petakan 10 Sasaran
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: istimewa

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memetakan 10 sasaran dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2023. Pemetaan tersebut untuk menghadapi tantangan menuju Jakarta sebagai kota global.

“Upaya mewujudkan harapan Jakarta menjadi kota global bukanlah jalan yang sederhana,” kata Anies saat Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023 di Jakarta, Kamis (14/4/2022).

Adapun 10 sasaran itu yakni mengurangi ketimpangan melalui pemenuhan kebutuhan dasar dan jaminan perlindungan sosial.

Kedua, peningkatan kualitas dan aksesibilitas dan kemudahan layanan masyarakat serta ketiga, penurunan kesenjangan melalui pembangunan responsif gender.

Keempat, pemerataan kesempatan pendidikan untuk semua dan kelima, peningkatan kualitas harapan hidup, serta keenam, pertumbuhan ekonomi dan sektor usaha berbasis pengalaman dan nilai tambah.

Baca juga
Santri Cianjur Hilang Terseret Arus Sungai

Ketujuh, akselerasi transformasi digital dan pengembangan manajemen kota cerdas dan kedelapan, peningkatan kesempatan pemberdayaan dan adaptasi tenaga kerja.

Selanjutnya, kesembilan pemulihan ekonomi kota dan implementasi pembangunan rendah karbon dan kesepuluh, pembangunan infrastruktur dan layanan dasar yang berkualitas.

Ia mendorong tidak hanya perencanaan pembangunan tapi juga menyelesaikan permasalahan perkotaan.

Anies mengharapkan dukungan termasuk dari pemerintah pusat terkait penanganan kapasitas aliran sungai yang melewati lintas provinsi yakni Ciliwung-Cisadane berupa Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung.

Selain itu, pembangunan dan peningkatan tanggul laut dan bangunan pengaman pantai lainnya di kawasan pesisir utara, serta penuntasan rencana induk (master plan) hulu-hilir agar pengendalian air sungai bisa terintegrasi, efektif dan efisien.

Baca juga
Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Tersisa 208 Orang

Selanjutnya, dukungan dalam penuntasan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) I Jatiluhur dan Serpong-Karian untuk lingkup hilir Jakarta dan pembangunan sistem limbah di DKI.

Selain itu, penuntasan pembangunan proyek MRT fase 2 yakni Bundaran HI-Kota-Ancol Barat serta Pembangunan Stasiun KRL di Kawasan Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Kemudian, pembangunan rumah susun sederhana di antaranya Rusun Yos Sudarso, Rusun Muara Angke dan Rusun Cipinang Besar Selatan.

“Dukungan dari pemerintah pusat tersebut bisa menjadi stimulus untuk percepatan transformasi Jakarta. Juga penuntasan beberapa masalah yang sudah ada beberapa dekade, yang perlu kita tuntaskan solusinya,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar