Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Jalani Rekonstruksi, Kedatangan Ferdy Sambo “Disembunyikan” Polri

Selasa, 30 Agu 2022 - 10:08 WIB
0829 074826 370b Inilah.com  - inilah.com
Rekonstruksi di rumah dinas Kadiv Propam Polri, Selasa (30/8/2022), bakal menghadirkan seluruh tersangka termasuk Irjen Ferdy Sambo. Reka ulang seluruh tersangka menunjukkan detik-detik tewasnya Brigadir J. Ilustrasi: Inilah.com/Haviez Ali

Kedatangan Ferdy Sambo ke rumah pribadi di Saguling III, Duren Tiga, Jaksel, Selasa (30/8/2022), disembunyikan Polri atau tidak diperlihatkan secara terbuka. Ferdy Sambo dibawa dari Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, menggunakan mobil rantis. Menurut Kadiv Humas Mabes Polri, eks Kadiv Propam Polri, mengenakan baju tahanan warna oranye.

Sementara istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, telah berada di rumah tersebut terlebih dulu. “Tersangka yang hadir Irjen FS,” kata Dedi, ketika dikonfirmasi.

Ferdy Sambo diperkirakan tiba di lokasi pertama rekonstruksi sekitar pukul 09.30 WIB, dalam iring-iringan mobil Brimob. Sekitar 30 menit kemudian, tiga tersangka lainnya yakni Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal dan Kuat Maruf tiba di lokasi lengkap dengan baju oranye dan tangan diborgol.

Baca juga
Kepantasan dan Kepercayaan Publik

Proses rekonstruksi tidak sepenuhnya terbuka, wartawan harus menjaga jarak hingga 20 meter dari rumah pribadi. Nantinya wartawan diberi akses untuk menyaksikan reka adegan melalui siaran dari dalam rumah yang difasilitasi Polri.

Rekonstruksi dilaksanakan di dua lokasi, setelah dari rumah pribadi, seluruh tersangka bakal dibawa ke rumah dinas Kadiv Propam, yang jaraknya sekitar 500 meter dari rumah pribadi Jenderal Sambo. Di sana seluruh tersangka bakal memperagakan adegan hingga tewasnya Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J).

Reka ulang atau rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J yang menghadirkan lima tersangka akan memperagakan sebanyak 78 adegan di tiga lokasi yang berbeda. Di antaranya di Magelang sebanyak 16 adegan yang akan memotret kejadian pada tanggal 4,7 dan 8 Juli 2022. Kemudian, rekonstruksi di rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling III,  berlangsung 35 adegan yang meliputi peristiwa pembunuhan pada Jumat (8/7/2022) dan pasca pembunuhan.

Baca juga
Didesak Cari Harun Masiku, KPK Disebut Pura-pura Lupa

“Atas izin penyidik, rekonstruksi hari ini akan meliputi 78 adegan,” kata Irjen Dedi Prasetyo.

Tinggalkan Komentar