Minggu, 22 Mei 2022
21 Syawal 1443

Jalankan Tradisi Leluhur, Airlangga Berziarah ke Makam Keluarga di Astana Oetara

Jalankan Tradisi Leluhur, Airlangga Berziarah ke Makam Keluarga di Astana Oetara

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan ziarah ke makam keluarga besarnya di Pasarean Nayu, Astana Oetara, Mangkunegaran, Solo pada Kamis (24/3/2022). Ziarah ke makam keluarga ini, Airlangga lakukan sebagai ritual rutin menjelang bulan suci Ramadan.

Menurut tradisi dan kepercayaan masyarakat Jawa, khususnya Jawa Tengah, kegiatan yang rutin dilakukan masyarakat jelang bulan Ramadan adalah membersihkan makan leluhur. Tradisi ini sering masyarakat sebut sebagai Sadranan atau Nyandran.

“Tidak setiap hari, inikah bertepatan dengan Nyadran kalau di Solo dan sekitarnya. Ziarah, mendoakan, atau membersihkan makam, sekaligus mengingat leluhur kita,” tutur Airlangga, Jumat (25/3/2022).

Dalam pelaksanaan ziarah tersebut, Ketua Umum DPP Partai Golkar ini membatasi orang yang masuk ke makam leluhurnya. Hal ini bertujuan agar kegiatan ziarah itu berjalan dengan kondusif.

Baca juga
Sinyal Pemulihan Ekonomi Global Mulai Bangkit

“Kan biar tidak ramai-ramai saja, saya juga butuh khusyuk ziarahnya,” ujarnya.

“Pesan saya, yang penting, kita sebagai generasi saat ini tidak lupa bahwa kita punya leluhur, mereka yang sudah berjuang di zamannya. Kita kirim doa terus untuk para leluhur kita,” tambahnya.

Selain di Makam Astana Oetara, Airlangga juga memiliki keluarga besar yang dimakamkan di kompleks makam Kiai Ageng Gribig di Klaten. Airlangga diketahui masih memiliki darah keturunan dari Kiai besar yang menyebarkan Islam di wilayah Jatinom, Klaten. Tahun lalu, Airlangga dua kali ziarah ke Makam Kiai Ageng Gribig di Jatinom.

Baca juga
Hadiri Munas Ulama PPP, Anies Diberi Sorban

Sementara itu, juru kunci makam Astana Oetara RM Hariyanto menyampaikan leluhur dari Airlangga memang dimakamkan di Astana Oetara. Bahkan dia menyebut jika leluhur Airlangga merupakan pejabat pada zaman Mangkunegara VI.

“Kakeknya Pak Airlangga itu kan dulunya jaksa di Mangkunegaran saat zamannya Mangkunegara VI. Kemudian beliau dimakamkan di Astana Oetara ini,” kata Hariyanto.

Setelah berziarah, Airlangga melanjutkan kegiatannya untuk meresmikan Sentra Wedangan Demang Toenthoer di kawasan Balekambang, Solo. Sentra Wedangan ini merupakan pusat kuliner wedangan atau Hik yang berada di kawasan pasar burung di Balekambang.

Dalam kunjungan kerja itu, Airlangga ditemani Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka selama kunjungan kerja di Solo. Putra Sulung Presiden Joko Widodo itu mendampingi sejak kedatangan Airlangga di Solo hingga meresmikan Sentra Wedangan Demang Toenthoer.

Tinggalkan Komentar