Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Jalin Sinergi, Bea Cukai Pastikan Pelayanan dan Pengawasan Optimal

Senin, 04 Jul 2022 - 20:16 WIB
bea cukai
Bea Cukai melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait koordinasi pelayanan kepabeanan

Dalam upaya meningkatkan pengawasan dan pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai, Bea Cukai kembali melakukan kerja sama dengan berbagai instansi. Kali ini upaya tersebut dilakukan Bea Cukai di Jakarta, Banjarmasin, dan Bengkalis.

Bea Cukai melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait koordinasi pelayanan kepabeanan antara dengan Imigrasi, Karantina, dan Kepelabuhan (CIQP) pada 29 Juni 2022 di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Kegiatan ini merupakan milestone dari beberapa instansi untuk penyederhanaan birokrasi dan peningkatan layanan di pelabuhan dapat berjalan dengan baik.

“Aksi tersebut diharapkan dapat berkontribusi banyak sehingga mampu menurunkan biaya layanan di pelabuhan sehingga dan dapat meningkatkan investasi serta mewujudkan dinamika menuju perubahan yang lebih baik,” ujar Hatta Wardhana, Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Bea Cukai Banjarmasin mendapatkan kunjungan dari Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas I. Kunjungan ini merupakan salah satu wujud kordinasi yang dilakukan untuk memperkuat kerja sama Karantina Pertanian dan Bea Cukai sebagai penjaga batas negara atau border officer.

“Kerja sama ini merupakan upaya untuk mendorong pengelolaan Pelabuhan, dan memfasilitasi kegiatan inspeksi bersama (joint inspection) area dan fasilitas pendukung, sehingga mempersingkat dweling time dan mendorong peningkatan ekspor langsung dari Banjarmasin,” terang Hatta.

Baca juga
Tingkatkan Daya Saing UMKM, Bea Cukai Berikan Asistensi untuk Dorong Ekspor

Selanjutnya, Bea Cukai Banjarmasin melakukan kunjungan ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin. Kegiatan tersebut merupakan upaya memperkuat sinergi antar pemangku kepentingan di area Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Selain itu juga dibahas mengenai prosedur ekspor, National Logistic Ecosystem (NLE) dan Online Single Submission (OSS).

Terakhir, Bea Cukai Bengkalis melakukan koordinasi dengan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas II Bengkalis (16/6/2022), Melalui kegiatan ini, keduanya berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan khususnya di Kabupaten Bengkalis. tidak hanya tentang pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai, namun juga tentang semua aspek keamanan negara.

Tinggalkan Komentar