Jangan Tertipu, Ini Cara Bedakan Essential Oil Asli atau Tidak

Jangan Tertipu, Ini Cara Bedakan Essential Oil Asli atau Tidak  - inilah.com
istimewa

Bagaimana cara membedakan Essential oil asli atau tidak?

Jawaban:

Menurut Ir. Dian SS Maulana Said, sebagai Ketua dari Indonesia Spa Profesional Association (Indspa) banyaknya Essential oil yang terdapat dipasaran membuat masyarakat terkecoh apakah itu barang asli atau tidak. Ada beberapa hal yang bisa menjadi perhatian ketika memilih essential oil tersebut. Essential oil memiliki karakter rentan terhadap cahaya dan udara panas.

“Karena itu, Essential oil murni yang konsentrat akan menggunakan kemasan botol berwarna gelap,” katanya dalam kesempatan temu media virtual di acara Indonesia Wellness Tourism International Festival 2021, Jakarta baru-baru ini.

Baca juga  UAH: Waktu Singkat yang Mustajab di Hari Jumat untuk Berdoa

Essential oil dapat teroksidasi dan menguap, tergantung karakter dan jenis Essential oil tersebut. Oleh karena itu, botol yang digunakan umumnya tidak berukuran besar, yaitu antara 5-30 ml.

“Essential oil memiliki efek kuat terhadap bahan olahan seperti plastik, sehingga essential oil murni tidak akan dapat ditampung dalam kemasan plastik. Karena akan mengurai plastik tersebut,” tambahnya.

Harga yang tinggi dan berbeda antar jenisnya. Karena setiap tanaman memiliki fungsi, kandungan dan konsentrat yang berbeda, maka tiap tanaman yang miliki fungsi, kandungan dan konsentrat yang berbeda, maka tiap tanaman yang diolah menjadi essential oil memiliki prosedur uniknya masing-masing.

Baca juga  Tidur Dekat Handphone Bisa Merusak Otak, Begini Penjelasannya

“Tidak ada satu jenis tanaman yang memiliki prosedur sama dalam pengolahannya,” ujarnya.

Hal ini menyebabkan perbedaan harga dari tiap jenis, dan harga tinggi karena tergantung dari konsentrat oil tersebut. Setiap kelompok panen yang menghasilkan jenis Essential oil sama, belum tentu memiliki aroma yang sama persis seperti kelompok sebelum atau sesudahnya. Hal ini disebabkan konsentrat dan kandungan alami dalam tumbuhan terus berubah, tergantung waktu panen, musim, dan sebagainya.

“Namun yang terpenting bukan bagaimana aromanya saat terhirup, tapi unsur yang terkandung di dalam Essential oil itu,” ungkapnya.

Pemakaian Essential oil yang tepat akan memberikan manfaat yang diharapkan.

Baca juga  Pandemi di Rumah Saja, Ternyata Ini Bahaya Lupa Merawat Kulit

“Bukan berarti Essential oil yang murah, lalu tidak memiliki manfaat baik, karena harga ditentukan dari seberapa banyak bahan baku yang dibutuhkan, dan lika-liku proses yang spesifik terhadap tanaman tersebut,” paparnya.

Tinggalkan Komentar