Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Jaring Internet untuk Rakyat Harus Meluas, Murah, dan Berkualitas

Ibas - inilah.com
unjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI ke PT Telkom Indonesia, Sentul, Jawa Barat, Kamis (10/2/22)

Penggunaan telefon dan internet di Indonesia terus mengalami kenaikan, sehingga data center yang terintegerasi dan berkualitas juga dibutuhkan. Hal tersebut diungkapkan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRI RI, Edhie Baskoro Yudhoyono dalam Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI ke PT Telkom Indonesia, Sentul, Jawa Barat (10/2/22). Membahas dukungan Telkom terhadap pembangunan akselerasi bisnis platform digital dan korporasi.

Pria yang kerap disapa Ibas ini menyampaikan bahwa Telkom harus meningkatkan cakupan jaringan internet untuk mencapai seluruh wilayah di Indonesia. “Kualitas jaringan terbaik dan harga yang murah mesti tergelar ke seluruh pelosok negeri untuk kebutuhan rakyat. Telkom harus menjadi rumah Merah Putih besar yang aman, nyaman, dan modern,” kata Ibas dalam keterangan yang diterima, Jumat (11/2/2022).

Baca juga
Hadapi Mudik Lebaran 2022 Smartfren Fokus Optimasi Jaringan di 200 Titik

Hal tersebut dianggap sangat penting mengingat semakin besarnya proposi ekonomi Indonesia yang menggunakan platform digital. Selain itu, di masa pandemi seperti ini jaringan internet adalah kebutuhan pokok masyarakat, sehingga pelayanan dan aksesnya harus ditingkatkan.

“Hingga saat ini kita masih menghadapi gelombang Covid-19, salah satu permasalahan yang dihadapi adalah keterbatasan jaringan internet di berbagai kawasan yang kurang berkembang. Oleh karena itu, Telkom harus meningkatkan jumlah paket layanan pulsa dengan harga yang lebih murah, sehingga terjangkau rakyat,” kata Ibas.

Menurut Wakil Ketua Banggar DPR RI ini, Telkom juga harus mendorong pengembangan Desa Wireless dan menggalakkan kerja sama dengan provider telekomunikasi untuk layanan satu atap. “Pengembangan Desa Wireless dan kerja sama dengan provider telekomunikasi juga sangat penting untuk dilakukan. Mengingat ketergantungan masyarakat terhadap akses internet, terutama di masa pandemi. Baik untuk usaha, sekolah, bekerja, maupun akses kesehatan,” paparnya

Baca juga
Rara Istiani, Pawang Hujan di Pulau Seribu Masjid yang Dibayar Negara Rp105 Juta

“Telkom Indonesia harus mengambil langkah yang tepat dan cepat dalam meningkatkan kinerja platform digital Indonesia untuk membantu usaha nasional, terutama usaha skala mikro, kecil, dan menengah untuk bertahan hidup dan berkembang,” tambahnya.

Lebih lanjut Ibas mengungkapkan bahwa adopsi teknologi, terutama teknologi digital adalah salah satu faktor penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. “Sebagai pemimpin pasar di sektor telekomunikasi, Telkom harus mendorong adopsi teknologi digital melalui pembentukan infrastruktur yang memadai. Baik berupa hardware seperti server, menara jaringan, maupun software seperti platform digital, e-money/e-payment, dan lainnya untuk meningkatkan literasi digital bagi seluruh rakyat Indonesia,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar