Sabtu, 25 Juni 2022
25 Dzul Qa'dah 1443

Jaringan 5G Indosat dan XL Ikut ‘Balapan’ di Formula E

Kamis, 02 Jun 2022 - 19:15 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Indosat dan XL Formula E
Teknisi sedang bekerja dengan perangkat Base Transceiver Station (BTS) (Foto ist)

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bersama Ericsson menghadirkan layanan 5G saat ajang Formula E Jakarta berlangsung di Sirkuit Internasional Jakarta E-Prix Ancol, Jakarta Timur pada Sabtu atau 4 Juni 2022.

“Kami satu-satunya Official 5G Partner, dan memastikan masyarakat yang berada di sekitar area termasuk para wisatawan mancanegara, akan dapat menikmati layanan 5G dengan nyaman untuk mengabadikan momen bersejarah ini,” kata Director and Chief Regulatory Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

IOH dan Ericsson akan menerapkan jaringan non-standalone 5G menggunakan spektrum 3,5GHz agar pelanggan yang berada di sekitarnya dapat merasakan pengalaman luar biasa yang dihasilkan dari teknologi 5G.

Pengalaman yang didapatkan layanan nyata 5G dengan menyajikan kecepatan streaming video resolusi tinggi dengan kecepatan super.

Hal ini karena Indosat mendapatkan pinjaman frekuensi 500 Mhz dari Kemenkominfo untuk menghadirkan 5G di sekitar lokasi Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Sehingga tidak heran kecepatan yang bisa diraih pengguna akan mencapai sekitar 4-5 Gbps.

Baca juga
Panitia Bakal Test Drive Sirkuit Formula E Ancol Pekan Depan

“Penambahan frekuensi ini agar jaringan 5G benar-benar cepat. Tanpanya, maka layanan 5G di ajang Formula E tidak cukup. Jadinya 5G rasa 4G,” ujar Danny.

Danny mengatakan pelanggan yang ingin merasakan pengalaman 5G dari IOH, dapat mengunjungi stan yang berada di Jakarta Royal Suite dan area E-Village di sisi utara dari Ancol Beach City.

Pengguna 5G IOH dapat melihat berbagai pemanfaatan teknologi 5G, seperti di antaranya “cloud gaming” 5G dan pengalaman kamera “neckband Fitt” 360.

“Untuk merasakan pengalaman layanan 5G IOH, pelanggan cukup menggunakan ponsel 5G, menggunakan USIM 4G, menggunakan paket internet, dan berada di area yang terjangkau jaringan 5G,” ucap Danny.

Penguatan jaringan 5G XL Axiata

Di sisi lain, Group Head Corporate Communication PT XL Axiata Tbk (EXCL), Tri Wahyuningsih menegaskan, bahwa perusahaannya memang bukan sponsor resmi 5G Partner dalam ajang Formula E kali ini. Namun tetap ingin memberikan layanan dengan memperkuat jaringan bagi masyarakat di sekitar arena Formula E.

Baca juga
Didukung Jokowi, Anies: Sirkuit Formula E Sudah Selesai 100 Persen

“Kami memang bukan sponsor di ajang balapan tersebut. Hanya ingin memberikan akses layanan telekomunikasi terbaik bagi masyarakat pengguna XL,” ujar Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, kepada wartawan, Selasa .

Ayu panggilan karibnya memaparkan bahwa XL akan memperkuat jaringan 5G dan 4G yang dimilikinya bagi masyarakat yang ada di sekitar arena.

“Sekali lagi, saya ingin menegaskan bahwa ini tidak ada hubungannya dengan sponsor, kami hanya ingin pengguna merasakan layanan yang baik,” ujar Ayu.

Untuk dapat menikmati layanan 5G Experience XL Axiata, pengunjung harus memastikan bahwa smartphone yang dipakai mendukung jaringan seluler generasi kelima di pita frekuensi 3.5 GHz, serta simcard yang dimiliki sudah uSIM.

Melalui penggelaran 5G ini, pengunjung akan dapat merasakan pengalaman 5G yang sesungguhnya, yang dapat menghadirkan beberapa keunggulan dibandingkan jaringan 4G di antaranya data rate (kecepatan data) lebih tinggi, latency lebih rendah, dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.

Baca juga
Jokowi Tepis Isu Pemerintah Enggan Sokong Balap Formula E

Khusus di Jakarta Utara, wilayah yang menjadi tempat perhelatan ajang Formula E, XL Axiata memiliki lebih dari 1.600 BTS, dengan hampir 1.000 di antaranya BTS 4G. Sementara itu, untuk seluruh wilayah DKI Jakarta, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 9.700 BTS, termasuk lebih dari 5.700 BTS 4G.

Tinggalkan Komentar