Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Jasa Marga Catat Laba Bersih Rp734,8 M Dampak Normalnya Aktivitas Masyarakat

Senin, 26 Sep 2022 - 18:14 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Jasa Marga Catat Laba Bersih Rp734 ,8 M Dampak Normalnya Aktivitas Masyarkat
Progres Konstruksi Tol Jakarta Cikampek II Selatan/ Foto: Ist

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan laba bersih pada semester I 2022 senilai Rp734,8 miliar seiring normalisasi mobilitas dan aktivitas masyarakat.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan kinerja mengalami peningkatan yang tercermin dari pencapaian pendapatan usaha sebesar Rp6,7 triliun atau tumbuh 17,9 persen.

Pendapatan itu merupakan kontribusi dari kinerja tol sebesar Rp6,1 triliun atau naik 16,1 persen dan usaha lain Rp576,8 miliar atau naik 40,6 persen dari periode sama 2021.

“Beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru dan adanya peningkatan mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap kenaikan volume lalu lintas perseroan,” katanya dalam keterangannya di Jakarta, Senin (26/9/2022).

EBITDA perseroan mengalami pertumbuhan sebesar 21,3 persen seiring dengan peningkatan kinerja pendapatan tol. Begitupun dengan realisasi EBITDA margin mencapai 65,9 persen dengan beroperasinya sejumlah ruas tol baru dan upaya efisiensi.

Baca juga
Laba Jamkrindo Naik Jadi Rp802 Miliar pada Triwulan III 2022

Menurut dia, pihaknya masih dapat mempertahankan pangsa pasar jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia di posisi 50 persen dengan menambah pengoperasian sepanjang 13,40 km Jalan Tol Manado-Bitung Seksi Danowudu-Bitung dan penambahan konsesi jalan tol sepanjang 206,65 km untuk Jalan Tol GedebageTasikmalaya-Cilacap.

Dengan bertambahnya panjang jalan tol operasi dan konsesi jalan tol tersebut, hingga saat ini perseroan mengoperasikan total 1.260 km jalan tol di Indonesia dari total konsesi jalan tol yang dimiliki perseroan sepanjang 1.809 km.

Sepanjang 2022 hingga semester I, Jasa Marga juga telah menyelesaikan konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi II Ruas Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 km yang saat ini dalam proses uji laik fungsi.

Baca juga
Geopolitik Tak Stabil, Barito Pacific Kempit Pendapatan Rp36,49 Triliun

Saat ini Jasa Marga mengelola enam proyek jalan tol dalam tahap pembebasan lahan dan konstruksi yang ditargetkan selesai secara bertahap pada periode 2022-2025, di antaranya Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan untuk Paket III Sukabungah-Sadang dan Paket II Setu-Sukabungah, dan Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri untuk Seksi Kediri-Kertosono.

Kemudian Jalan Tol Bogor Ring Road untuk Seksi Simpang Semplak-Junction Salabenda, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi untuk Seksi Probolinggo-Besuki, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, dan Jalan Tol Gedebage-Cilacap untuk Seksi Gedebage-Garut Utara.

“Dengan sejumlah proyek pembangunan jalan tol yang sedang berjalan tersebut, Jasa Marga berkomitmen untuk berusaha seoptimal mungkin dalam mencapai target yang sudah ditetapkan dengan tetap mengendalikan aktivitas konstruksi jalan tol dengan membangun secara bertahap,” kata Lisye.

Baca juga
Paruh Pertama 2022, Laba Bersih BTN Melonjak 59,87 Persen

Jasa Marga juga berkomitmen untuk memperhatikan kualitas hasil pekerjaan, keselamatan kerja, serta mengedepankan penggunaan produk-produk dalam negeri.

Tinggalkan Komentar