Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

JD.ID Susul Start-Up Lainnya yang PHK Karyawannya

Jumat, 27 Mei 2022 - 20:24 WIB
JD.ID Susul Startup Lainnya yang Mem-PHK Karyawannya
Jd.id

Perusahaan rintisan atau start-up di Indonesia sedang mengalami masa-masa krisis, sudah banyak yang melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK kepada karyawannya.

Setelah LinkAja dan Zenius, kini start-up JD.ID kabarnya akan melakukan PHK terhadap karyawannya. Namun jumlah karyawan yang akan di-PHK masih belum terkonfirmasi.

Director of General Management JD.ID Jenie Simon membenarkan soal kabar tersebut. Namun pihak perusahaan masih belum mau membeberkan jumlah karyawan yang akan di-PHK pada Mei 2022.

“Upaya improvisasi dan pengambilan keputusan ini dilakukan agar JD.ID dapat terus beradaptasi dan selaras dengan dinamika pasar dan tren industri di Indonesia,” ujar Jenie dalam keterangannya, ditulis Jumat (27/05/2022).

Baca juga
Indonesia Impact Fund Danai Startup Greenhope

Sama seperti beberapa start-up yang melakukan PHK kepada karyawannya, JD.ID juga beralasan jika keputusan yang perusahaan ambil ini sebagai bentuk konsekuesi dari penyesuaian bisnis perusahaan.

Perusahaan berupaya melakukan improvisasi dalam bisnis seperti melakukan peninjauan, penyesuaian, hingga inovasi atas strategi bisnis & usaha.

“JD.ID juga melakukan pengambilan keputusan seperti tindakan restrukturisasi, yang mana di dalam-nya terdapat juga pengurangan jumlah karyawan,” ujar Jenie.

Jenie mengakui jika karyawan merupakan aset yang sangat vital dalam perusahaan. Namun saat ini perusahaan tengah fokus dalam pengoptimalan struktur ketenagakerjaan.

“Yang mana arti-nya JD.ID memiliki kewajiban untuk menjaga kesejahteraan para karyawan-nya, sekaligus mengembangkan potensi mereka untuk dapat memberikan kinerja yang lebih efektif dan optimal bagi perusahaan,” kata Jenie.

Baca juga
Warga AS Banyak Kena PHK, Presiden Biden Pening Tunjangan Pengangguran Naik

Dengan pengambilan keputusan tersebut, Jenie menambahkan bahwa JD.ID akan patuh dan tunduk terhadap regulasi ketenagakerjaan sesuai dengan peraturan pemerintah, dan akan memperlakukan dan memberikan hak karyawan, sebagaimana diatur dalam regulasi tersebut.

Dalam keterangan tersebut, Jenie menambahkan bahwa JD.ID sebagai salah satu perusahaan e-commerce andalan konsumen Indonesia, senantiasa berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan, melalui serangkaian upaya improvisasi dan pengambilan keputusan. [ipe]

Tinggalkan Komentar