Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Jeddah Terendam Banjir: Penerbangan Ditunda, Sekolah Ditutup

Jumat, 25 Nov 2022 - 16:07 WIB
Jeddah Banjir Penerbangan
Banjir cukup parah menerjang Jeddah pada Kamis (24/11/2022), memaksa otoritas setempat menunda penerbangan dan menutup sekolah-sekolah di kota pesisir Arab Saudi itu. (sumber: Twitter)

Banjir bandang yang menerjang Kota Jeddah, Arab Saudi memaksa otoritas setempat menunda penerbangan di Bandara Internasional King Abdulaziz dan menutup sekolah-sekolah.

“Karena kondisi cuaca, keberangkatan sejumlah penerbangan terpaksa ditunda,” demikian pernyataan otoritas Bandara Internasional King Abdulaziz, seperti dilansir AFP, Jumat (25/11/2022).

Kantor berita pemerintah, Saudi Press Agency atau SPA, melaporkan sebelum fajar sekolah-sekolah di kota itu akan ditutup untuk sementara karena diprediksi hujan akan berlanjut sepanjang hari.

Pemerintah regional Mekkah menyebutkan sejauh ini dua orang meninggal dunia akibat banjir bandang di Kota Jeddah.

“Kami amat mengimbau seluruh warga agar tidak keluar rumah jika tidak ada urusan penting,” demikian pernyataan pemerintah daerah Mekkah.

Baca juga
Chelsea Bakal Jadi Tim Pertama yang Dipimpin Wasit Robot

Kota Jeddah termasuk Kota Suci Mekah masuk ke dalam wilayah Mekkah.

Akibat banjir tersebut akses jalan dari Kota Jeddah menuju Kota Mekkah yang biasa digunakan para jemaah haji dan umrah sempat ditutup saat hujan lebat. Akses tersebut belakangan kembali dibuka usai situasinya dinilai aman.

Tampak sejumlah jalan terendam banjir bandang seperti sungai. Tak sedikit pula kendaraan yang ikut terendam banjir.

Masjidil Haram di Kota Mekkah juga diguyur hujan lebat. Salah satu televisi pemerintah, Al-Ekhbariya, menunjukkan dalam tayangan video singkat para jemaah umrah yang tengah tawaf di Ka’bah diguyur hujan lebat.

Baca juga
BMKG Minta Warga Jakarta Selatan Waspadai Banjir

Otoritas setempat berjanji akan terus memantau perkembangan terkait banjir di Kota Jeddah hingga Kota Mekkah dan sekitarnya akibat hujan lebat.

 

Tinggalkan Komentar