Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Jelajah Lanskap Digital Kominfo Gelar Literasi Digital Netizen Fair

Jumat, 17 Des 2021 - 22:45 WIB
Kominfo - inilah.com
Kementerian Komunikasi dan Informatika

Inovasi dan disrupsi teknologi berkembang pesat membawa perubahan besar di seluruh sektor. Termasuk efek negatif yakni maraknya penipuan, penyebaran berita bohong, hingga penyalahgunaan data pribadi.

Menjawab kebutuhan tersebut, Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi telah menginisiasi Program Literasi Digital Nasional yang telah menjangkau lebih dari 12,5 juta masyarakat di 514 kabupaten dan kota pada 34 provinsi pada 2021.

Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mengatakan, tujuan utama dari pelaksanaan program literasi digital ialah untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital serta mengembangkan, meningkatkan, dan memberdayakan keterampilan masyarakat Indonesia di dunia digital.

Baca juga
Kominfo Dorong Kualitas Layanan Publik

“Berbagai fondasi yang dapat memfasilitasi transformasi digital, mulai dari infrastruktur, aplikasi, regulasi, tata kelola, hingga pengembangan teknologi penunjang. Namun semua ini kuncinya ada pada SDM digital,” tutur Semuel, Jumat (17/12/2021).

Didasari empat pilar literasi digital (kecakapan digital, keamanan digital, etika digital, dan budaya digital), program ini diimplementasikan melalui berbagai kelas, lokakarya, serta seminar, baik secara luring maupun daring. “Sebagai penutup dari berbagai kegiatan literasi digital, Keominfo bersama seluruh mitra dan jejaring, tengah melaksanakan rangkaian acara literasi digital yaitu Netizen Fair 2021,” tuturnya.

Acara ini, kata Semuel, dilaksanakan secara serentak dan hybrid di berbagai Kota/Kabupaten pada November 2021. Dan, puncak rangkaian acara Netizen Fair 2021 ini akan dilaksanakan di Bali pada 18-19 Desember 2021.

Baca juga
Kominfo Siapkan Program Khusus Jika Steam Enggan Daftar PSE

Kegiatan ini, kata dia, akan dihadiri berbagai nara sumber mewakili komunitas, akademisi, publik figur, dan para pemangku kepentingan majemuk lainnya di bidang literasi digital, seperti Gubernur, Walikota Bali, pegiat-pegiat literasi digital, praktisi media sosial hingga berbagai Key Opinion Leader di setiap kota dan lain sebagainya.

Acara ini akan dimeriahkan penampilan berbagai band dan artis nasional seperti HiVi, Yura Yunita, dan MALIQ & D’essentials. Selain itu, dalam rangkaian acara ini akan diberikan Siberkreasi Awards untuk pemenang lomba-lomba video pendek serta challenge-challenge bertajuk Indonesia Makin Cakap Digital yang diadakan oleh Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi.

Baca juga
Sudah Daftar PSE, Google dan YouTube Tak Bakal Diblokir

 

Tinggalkan Komentar