Kamis, 29 September 2022
03 Rabi'ul Awwal 1444

Jelang Hari Batik, Gibran Gandeng UMKM Siapkan Kejutan

Rabu, 21 Sep 2022 - 23:22 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka cinta batik. (Foto: Joglo Semar).

Mungkin, Gibran Rakabuming Raka adalah salah satu kepala daerah yang cinta berat dengan batik. Berbagai inovasi dilakukan Wali Kota Solo ini, demi mengembangkan batik. Ada kejutan saat Hari Batik Nasional.

Kali ini, Gibran menggandeng pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Aerostreet, meluncurkan sepatu berdesain batik. “(Peluncurannya) minggu depan, pas hari batik,” kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Rabu (21/9/2022).

Ia mengatakan, proses desain sepatu tersebut memakan waktu cukup lama, hingga berbulan-bulan. Upaya tersebut dilakukan untuk memastikan pembuatannya tidak dilakukan secara asal-asalan. “Tapi memang ngepaske (menyesuaikan) hari batik. Desainnya ya batik,” kata putra sulung Presiden Jokowi itu.

Gibran mengaku sudah meminta produsen untuk tidak memproduksi secara terbatas. Agar semakin banyak orang yang bisa membeli dan ikut memeriahkan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2022. “Yang ingin beli ya biar beli. Kalau habis diproduksi lagi, kemarin komitmennya seperti itu biar semua bisa mengikuti,” katanya.

Baca juga
Mengenal Lima Motif Batik dan Maknanya

Sementara itu, untuk harga jual lokal sepatu berdesain batik tersebut akan dijual dengan harga terjangkau seperti halnya sepatu-sepatu lain keluaran Aerostreet.

Dari website resminya dan beberapa e-commerce, kebanyakan produk sepatu keluaran Aerostreet dijual dengan harga di bawah Rp200.000/pasang. “Harga-harga Aero-lah, saya enggak ambil komisi kok,” katanya.

Tinggalkan Komentar