Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Jelang Idul Adha, Harga Daging Ayam Naik jadi Rp40.000/Kg

Rabu, 29 Jun 2022 - 20:22 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Editor : Ibnu Naufal
Jelang Idul Adha, Harga Daging Ayam Naik jadi Rp40.000/Kg
Daging Ayam/ist

Harga daging ayam di pasar tradisional di Cianjur, Jawa Barat, naik menjadi Rp40.000 per kilogram dari sebelumnya yang hanya Rp35.000 per kilogram. Kenaikan ini akibat dari pengurangan produksi di tingkat petani karena mahalnya pakan ternak yang memicu pada harga.

Sekretaris Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperidagin) Cianjur, Wahyu Ginanjar mengatakan kenaikan harga ayam yang terus merangkak naik, sudah terjadi sejak dua pekan terakhir, namun mengalami kenaikan cukup tinggi baru dua hari terakhir.

“Kenaikan harga karena petani mengurangi produksi karena mahalnya pakan sedangkan tingkat pembelian meningkat. Meski sempat turun ke angka Rp32.000 per kilogram, namun kenaikan kembali terjadi dan perkiraannya akan merangkak naik hingga hari raya kurban,” katanya di Cianjur Rabu (29/6/2022).

Baca juga
Djohan Chandra Mendulang Cuan dari Bakpao, Makanan Tradisional Khas Tionghoa

Pihaknya memperkirakan kenaikan tidak akan sampai melambung lebih dari Rp55.000 per kilogram terutama menjelang hari raya kurban. Pasalnya ketika harga melambung tingkat pemakaian akan mengalami penurunan.

“Kalau sampai melambung, kami akan mengambil langkah berkoordinasi dengan Bulog Cianjur, untuk menggelar operasi pasar murah guna menormalkan kembali harga di pasaran,” katanya.

Pedagang di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, Andri mengatakan sejak dua pekan terakhir tingkat penjualan masih normal dan mulai mengalami peningkatan terutama menjelang hari raya kurban. Tidak hanya daging ayam, harga daging sapi masih cukup mahal sejak dua pekan terakhir bertahan di harga Rp140.000 per kilogram.

Baca juga
Biaya Haji 2022 Naik, Nyaris Tembus Rp40 Juta per Jemaah

“Kami berharap sama kalau harga normal penjualan normal bahkan tinggi. Namun ketika harga naik tinggi, angka penjualan sudah pasti menurun karena pembeli mengurangi belanja. Untuk kenaikan diperkirakan kembali terjadi menjelang hari raya kuran tapi tidak sampai melambung,” kata, Andri.

Sebagai informasi harga komoditas pangan belakangan ini harganya terus naik. Hal ini karena banyak faktor salah satu yang menjadi penyebabnya adalah kurangan pasokan barang. Dengan begitu memicu naiknya harga di tingkat pedagang.

Tinggalkan Komentar