Minggu, 26 Juni 2022
26 Dzul Qa'dah 1443

Jelang Idul Adha, Jokowi Inginkan Pangan Ada dan Harga Terjangkau

Senin, 20 Jun 2022 - 20:08 WIB
Jelang Idul Adha, Jokowi Inginkan Pangan Ada dan Harga Terjangkau
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Sumber: Gala.Jabar).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh jajarannya untuk memastikan seluruh komoditas pangan tersedia dan harganya terjangkau. Jelang Idul Adha pada Juli 2022, jangan sampai harga mencekik.

“Antisipasi pangan, harus tersedia, harga terjangkau,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menyampaikan arahan Presiden Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Mendag Zulhas mengaku diperintahkan Presiden untuk segera menurunkan harga minyak goreng curah di seluruh provinsi, menjadi Rp14.000 per liter sesuai harga yang ditetapkan pemerintah.

Ia menargetkan dalam waktu satu bulan, harga minyak goreng curah dapat turun secara merata di seluruh daerah menjadi Rp14.000 per liter. “Minyak goreng itu Insyaallah akan jadi Rp14.000 (per liter). Target kita sebulan, ditambah kemasan sederhana yang akan segera dilangsungkan,” ujarnya.

Baca juga
Industri Dipersulit Pasang PLTS Atap, Muncul Tagar #JokowiTegurPLN

Sebelum Sidang Kabinet Paripurna, Mendag Zulhas mengklaim dirinya sudah menemukan benang merah persoalan minyak goreng.

Ia akan memastikan suplai minyak goreng curah terjaga di tiga jalur distribusi yang mencakup 10.000 titik. Mendag Zulhas meyakini bahwa solusi tersebut dapat mengurai persoalan jalur distribusi minyak goreng curah.

“Minyak curah ini, saya sudah tahu benang merahnya, ya. Ada tiga jalur distribusi, ada 10.000-an titik, sekarang lagi saya suruh instal di 10.000 titik lebih itu orang bisa membeli dengan harga Rp14.000,” katanya.

Langkah kedua yang disiapkan Mendag adalah dengan mengembangkan kemasan sederhana untuk minyak goreng curah, agar memudahkan proses distribusi, terutama dalam menjangkau kawasan pelosok Indonesia.

Baca juga
Setelah Batubara dan CPO Kini Setrum EBT tak Boleh Ekspor, Negeri Sejuta Larangan

“Misalnya, jauh-jauh bagaimana bawa galon kalau jauh. Misalnya, di Maluku kan, ya, sehingga kemasan itu nanti bisa diterima di mana jalur distribusinya akan lebih mudah,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta jajarannya memastikan harga minyak goreng curah di seluruh provinsi setara dengan ketentuan pemerintah sebesar Rp14.000 per liter.

Dirinya telah melakukan inspeksi ke pasar di Jawa Barat dan Banten serta menemukan harga minyak goreng curah sudah sesuai ketentuan pemerintah pada harga Rp14.000 per liter.

“Saya senang kemarin datang ke beberapa pasar di Jawa Barat dan kemarin cek lagi di Banten, harga minyak goreng curah sudah di Rp14.000. Tapi apakah hanya di dua provinsi,? Kita harapkan di semua provinsi berada di angka itu,” kata Presiden.

Baca juga
Presiden Jokowi Bahas Situasi Dunia dengan Presiden Dewan Eropa

 

Tinggalkan Komentar