Kamis, 30 Juni 2022
01 1444

Jelang Kunjungan Biden ke Saudi, Washington Beri Nama Jalan Jamal Khashoggi Way di Depan Kedubes Arab

Kamis, 16 Jun 2022 - 17:10 WIB
Jamal - inilah.com
Nama jalan di depan Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington, Jamal Khashoggi Way - ist

Jelang kunjungan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ke Arab Saudi, pemerintah Washington mengubah nama jalan di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi di Washington DC, menjadi Jamal Khashoggi Way.

Jamal Khashoggi merupakan jurnalis yang tewas dibunuh di Konsulat Saudi di Turki pada tahun 2018 lalu. Pembunuhan Khashoggi dikait-kaitkan dengan Penguasa de facto Saudi, Pangeran Mohamed bin Salman (MBS).

Khashoggi merupakan wartawan Saudi yang tinggal di AS dan kerap menulis artikel kritis soal Saudi dan MBS.

“Jalan ini akan menjadi pengingat konstan dan memorial untuk kenangan akan Jamal Khashoggi yang tak bisa ditutup-tutupi,” kata Phil Mendelson, Presiden Komisi District of Columbia dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (16/6/2022),

Baca juga
Biden dan Xi Jinping Gelar Pertemuan untuk Dinginkan Hubungan AS-China

Sebelumnya perjalanan Biden ke Saudi akan berlangsung pada 13-16 Juli 2022. Ia dijadwalkan akan bertemu dengan Putra Mahkota MBS.

Selain untuk memperkuat hubungan dengan Arab Saudi, lawatan itu diprediksi merupakan lobi Biden untuk menurunkan harga bahan bakar di Amerika Serikat yang melonjak tinggi usai invasi atau operasi militer Rusia di Ukraina.

Seorang juru bicara Dewan Keamanan Nasional menambahkan, setelah Arab Saudi, Biden juga akan bertolak ke Israel.

Namun, pertemuan Biden dengan MBS akan menjadi sorotan. Pasalnya Biden pernah mengkritik pembunuhan dan mutilasi Khashoggi yang menyudutkan Saudi dan MBS.

Tinggalkan Komentar