Sabtu, 03 Desember 2022
09 Jumadil Awwal 1444

Jelang Pemilu, NasDem Kian Akrab dengan Dua Parpol

Senin, 01 Agu 2022 - 17:02 WIB
74ca5d74 68b9 4a29 9baa 239c115b60c4 - inilah.com
Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali (kiri), Sekjen NasDem Johnny Gerard Plate (tengah), dan Ketua Bappilu NasDem Prananda Surya Paloh ketika tiba di kantor KPU RI, Jakarta, Senin (1/8/2022). Foto: Antara

Partai NasDem mengakui hubungan dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat kian akrab. Hal ini seiring meningkatnya jalinan komunikasi di antara ketiga parpol sehingga mengalami perkembangan signifikan.

“Kami juga harus mengakui yang agak lebih maju komunikasinya adalah PKS dan Demokrat, agak intens berkomunikasi. Tapi belum ada kesepakatan untuk membangun koalisi,” ujar Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Senin (1/8/2022).

Ali lebih lanjut belum memastikan adanya pertemuan guna mengerucutkan peta koalisi menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sebab, Partai Nasdem masih mencari waktu tepat untuk menggelar kembali menggelar pertemuan.

Baca juga
Momentum Anies dan Jalan Panjang Membentuk Koalisi NasDem-Demokrat-PKS

“Kami sampai hari ini menunggu dan mencari waktu yang tepat untuk berkomunikasi lagi dengan Partai Demokrat dan semua parpol,” beber dia.

Tunggu Keputusan Ketua Umum

Sementara terkait calon presiden, Partai NasDem telah mengumumkan tiga bakal calon presiden (bacapres) yakni Anies Baswedan, Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo. Ketiga nama tersebut berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem pada Juni 2022 lalu.

Sejauh ini, Ali menyebut, Partai NasDem masih masih menunggu keputusan Ketua Umum Surya Paloh untuk menentukan calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024.

“Itu urusan ketua umum. Kemarin Rakernas sudah tahu semua ya, sudah menetapkan tiga bacapres, Anies, Ganjar dan Andika. Dari nama itu, kewenangan penuh pada ketua umum untuk menetapkan capres yang dianggap bisa diterima oleh semua kelompok. Termasuk parpol-parpol itu,” jelasnya.

Baca juga
Dukung Airlangga Capres, Kiai Aos: Banyak Kerja, tak Suka Pencitraan

Ali menambahkan, NasDem juga akan berupaya membangun komunikasi politik dengan partai lain. Tujuannya demi menjajaji koalisi.

Tinggalkan Komentar