Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

Jelang Pilpres Korsel, Kim Jong Un Kembali Tes Rudal Balistik

North korea utara Hypersonic missile Test Firing - inilah.com
Misil Hypersonic Korea Utara - ist

Korea Utara kembali menguji rudal balistik ke arah laut di sebelah timur semenanjung Korea pada Sabtu (5/3/2022).

Uji coba itu dilakukan secara terang-terangan hanya beberapa hari sebelum pemilihan Presiden Korea Selatan.

Uji coba itu dikonfirmasi oleh Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dan Perdana Menteri Jepang.

Peluncuran itu menjadi tes kesembilan tahun ini. Militer Korsel mengatakan peluncuran kali ini berasal dari lokasi dekat Sunan, di mana bandara internasional Pyongyang berada. Bandara tersebut telah menjadi lokasi uji coba sebelumnya, termasuk peluncuran 27 Februari.

“Dewan Keamanan Nasional Korsel akan mengadakan pertemuan darurat, kata Gedung Biru Kepresidenan Korsel.

Baca juga
Korea Utara Kembali Luncurkan Rudal Balistik untuk Ketujuh Kalinya

Ketika pembicaraan denuklirisasi terhenti, Korut melakukan sejumlah rekor peluncuran rudal pada Januari. Tampaknya Korut sedang bersiap untuk meluncurkan satelit mata-mata dalam waktu dekat, dan telah menyarankan untuk melanjutkan pengujian senjata nuklir atau rudal balistik antarbenua (ICBM) jarak jauh untuk pertama kalinya sejak 2017.

Analis mengatakan Korut dapat menggunakan transisi presiden mendatang di Korsel atau hari libur nasional besar pada 15 April untuk menguji coba peluncuran rudal baru atau senjata lainnya.

“Waktu pengujian rudal Korut mungkin tampak aneh bagi kami, mengingat fokus global pada Ukraina. Tapi itu masuk akal di Korut, di mana para ilmuwan fokus pada senjata baru yang sempurna untuk dipamerkan Kim pada parade militer besar pada pertengahan April,” kata Jean Lee, seorang rekan di Wilson Center yang berbasis di Washington di Twitter.

Tinggalkan Komentar