Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

Jemaah Kembali Bisa Cium dan Sentuh Hajar Aswad

Rabu, 03 Agu 2022 - 21:33 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Hajar Aswad - inilah.com
Hajar Aswad - (Foto: ist)

Jemaah umrah dan haji sudah bisa kembali mencium dan menyentuh Ka’bah setelah pembatas dibuka usai dipagar selama pandemi COVID-19.

Pantauan dari Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Rabu (3/8/2022), ratusan orang mengantre di depan Hajar Aswad dan sekitar pintu Ka’bah untuk dapat menyentuh kiblat umat Islam tersebut.

Dikutip dari Antara, jemaah lainnya yang melakukan tawaf atau berkeliling Ka’bah juga kerap berupaya untuk menyentuh semua sisi bangunan berbentuk kubus tersebut.

Saat bisa menyentuh bangunan yang diselimuti kain kiswah dari sutera berwarna hitam itu, tidak jarang jamaah juga mencium serta mengusap dinding Ka’bah sambil berdoa.

Baca juga
Biaya Umrah Rp28 Juta, Belum Termasuk PCR dan Karantina

Tidak sedikit juga yang melakukan shalat di area Hijr Ismail, sehingga askar atau petugas keamanan membatasi orang-orang untuk masuk ke area yang terbatas tersebut.

Pembatas Ka’bah dibuka pada Selasa (2/8) pukul 22.50 Waktu Arab Saudi (WAS), namun area Ka’bah kembali ditutup sementara karena banyaknya jamaah yang antusias untuk menyentuh Ka’bah sehingga dibuat sistem antrean, dimana jamaah harus berbaris untuk bisa mencapai bagian yang dianggap sangat mustajab untuk berdoa itu.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi kembali menerima jemaah haji dari luar negeri pada musim haji 1443 H / 2022 M dengan pembatasan setelah dua tahun ditutup karena pandemi COVID-19.

Baca juga
Garuda Indonesia Kembali Layani Penerbangan Umrah dari Surabaya

Namun jamaah haji tidak dapat menyentuh Ka’bah karena sekelilingnya dibatasi dengan bangunan setinggi sekitar 130 cm sehingga jamaah hanya dapat melihat Ka’bah dari luar pembatas tersebut.

Tinggalkan Komentar