Minggu, 04 Desember 2022
10 Jumadil Awwal 1444

Jenazah Azyumardi Azra Akan Disalatkan di UIN Syarif Hidayatullah

Minggu, 18 Sep 2022 - 22:06 WIB
azyumardi inilah.com
Karangan bunga untuk Almarhum Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra (foto Dea-Inilah.com)

Keponakan Ketua Dewan Pers Prof Dr Azyumardi Azra, Armia Putriana mengungkapkan jenazah pamannya akan tiba di Jakarta besok, Senin (19/9/2022).

“Jadi, setelah tahlilan tadi info dari KBRI ada perubahan jadwal,” kata Armia saat ditemui di rumah duka, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (18/9/2022).

Info awal yang didapat keluarga, jenazah tiba besok dengan penerbangan pertama pada Senin pagi. Namun, setelah perubahan, almarhum dikonfirmasi akan tiba di Indonesia pada Senin malam.

“Insya Allah, kalau tidak ada perubahan lagi, hari Senin malam sekitar jam 11 malam sudah sampai Indonesia,” ujar Armia.

Kemudian, almarhum Azyumardi akan disemayamkan di rumah duka. Pada Selasa (20/9/2022) pagi, jenazah akan dibawa ke Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta untuk disalatkan.

Baca juga
Obituari Hernani Sirikit Syah (1960-2022): Pamit Abadi Mbak Ikit

Selain itu, lanjut dia, akan ada upacara pelepasan oleh pihak UIN Syarif Hidayatullah sebelum pemakaman.

Setelah itu, jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Blok Z-426.

Sebelumnya, Armia Putriana mengungkapkan kondisi pamannya sebelum meninggal dunia. Menurut dia, Azyumardi baru pulang dari Padang, kemudian berangkat ke Kuala Lumpur, Malaysia pada Jumat (16/9/2022).

“Bapak ke KL itu kondisi sehat wal afiat,” ucap Armia.

“Setelah 20 menit mau mendarat ke KL, Bapak ada masalah dengan kesehatan, langsung dibawa ke Serdang Hospital,” jelas Armia.

Setelah tiba di rumah sakit, dokter menyebut kondisi Azyumardi kritis. Sebab, nadinya sempat menghilang selama 10 menit. Kemudian, nadi kembali setelah dokter menggunakan alat pacu jantung.

Baca juga
LBH Pers dan AJI Jakarta Desak Kapolri Usut Kasus Kekerasan Jurnalis di Kompleks Rumah Kadiv Propam

“Ada masalah memang di jantungnya. Jadi, di jantungnya ada kelemahan sehingga di paru-paru menekan,” lanjut Armia. Setelah itu, kata dia, almarhum ditidurkan untuk memaksimalkan pemulihan.

Diketahui, Azyumardi meninggal dunia di Selangor, Malaysia setelah menjalani perawatan jantung pada pukul 11.30 WIB.

Tinggalkan Komentar