Selasa, 31 Januari 2023
09 Rajab 1444

Jenguk Lukas Enembe, Komnas HAM Siap Temui KPK Bahas Kondisi Kesehatan

Kamis, 29 Sep 2022 - 15:52 WIB
Jenguk Lukas Enembe, Komnas HAM Siap Temui KPK Bahas Kondisi Kesehatan
Tim dokter Gubernur Provinsi Papua melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Lukas Enembe di kediamannya yang berada di Papua, Selasa (10/1/2023). (Foto: Antara)

Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ahmad Taufan Damanik bersama dua komisioner menemui langsung Gubernur Papua, Lukas Enembe di kediamannya di Papua, Rabu (28/9/2022).

Setelah berbincang langsung soal kondisi kesehatannya, Komnas HAM siap menyampaikan langsung bagaimana keadaan Lukas Enembe kepada KPK, lembaga hukum yang tengah menangani kasus hukumnya.

“Terkait dengan kondisi kesehatan dan perawan kesehatan bapak Lukas Enembe kami berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada bebagai pihak baik pemerintah maupun KPK,” kata Taufan di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

“Namun setelah itu Komnas HAM diwakili saya selaku ketua menyampaikan beberapa hal pertama menyangkut proses hukum bapak Lukas Enembe Komnas HAM tidak bisa mencampuri karena itu merupakan wewenang dari lembaga lain dalam hal ini KPK,” sambungnya menekankan.

Baca juga
KPK Temukan Dokumen Proyek Ganti Rugi Lahan di Bekasi

Komnas HAM datang memenuhi undangan keluarga besar Lukas Enembe untuk menjenguk dan melihat kondisi sang gubernur yang mangkir dari panggilan penyidik KPK.

Alasan sakit yang dikeluhkan pihak Lukas, dibalas dengan KPK untuk melakukan pemeriksaan di Jakarta, bersama dokter KPK untuk memastikan kondisi Lukas layak atau tidak diperiksa.

KPK bahkan siap memfasilitasi keinginan pihak Lukas untuk berobat ke luar negeri, asalkan sudah mendapat persetujuan dari dokter KPK.

Taufan menyebut, pihaknya mendengarkan aspirasi dari tokoh dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) serta pertimbangan medis dari dokter pribadi Lukas yang mengeluhkan kondisi kesehatan Lukas yang terbentur dengan status tersangka korupsi yang dilekatkan KPK.

Baca juga
KontraS Protes ke Komnas HAM, Desak Bentuk Tim Ad Hoc

“Kami juga mendapatkan aspirasi maupun masukan mengenai kondisi kesehatan Lukas Enembe yang sekarang sudah menjadi tersangka dalam satu dugaan tindak pidana korupsi KPK,” jelasnya.

“Dokter Anton selaku dokter pribadi juga mengatakan dokumen kesehatan tersebut tentang status kesehatan bapak Lukas Enembe (sudah diberikan) kepada pihak KPK,” lanjut dia.

Untuk itu, Taufan berharap KPK memberikan solusi penyelesaian terhadap kondisi kesehatan Lukas Enembe yang tengah terjerat kasus korupsi.”Dan berharap ada satu solusi penyelesaian masalah kesehatan,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar