Jumat, 27 Mei 2022
26 Syawal 1443

Jepang Laporkan Empat Kapal Perang Amfibi Rusia Berlayar Menuju Ukraina

Kapal perang rusia - inilah.com
Kapal perang Rusia - ist

Militer Jepang melaporkan melihat empat kapal perang amfibi besar Rusia berlayar di dekat pulau-pulau Jepang. Mereka menduga kapal perang amfibi itu akan berlayar menuju Ukraina.

Gambar kendaraan amfibi itu diterbitkan oleh kementerian pertahanan Jepang. Gambar itu menunjukkan sesuatu yang tampak seperti truk militer yang dimuat ke dek salah satu kapal amfibi tersebut.

Kapal perang amfibi biasanya digunakan untuk mendaratkan pasukan ekspedisi ke darat.

“Kami tidak tahu ke mana mereka menuju, tetapi arah mereka menunjukkan mereka mungkin (menuju Ukraina),” kata juru bicara kementerian pertahanan Jepang dilansir dari Reuters, Kamis (17/3/2022).

Patroli maritim Pasukan Bela Diri Jepang pada Selasa (15/3) pertama kali mendeteksi kapal-kapal Rusia itu dapat membawa puluhan tank kendaraan militer lainnya dan ratusan tentara.

Baca juga
Bahas Invasi Rusia, Biden Mulai Safari Politik di Eropa

Patroli maritim Jepang itu pun memantau kapal-kapal Rusia itu pada Rabu (15/3) saat mereka melewati Barat dari Samudra Pasifik ke Laut Jepang melalui Selat Tsuruga, yang sempit yang memisahkan pulau Honshu dari pulau Hokkaido.

“Tidak biasanya kapal-kapal Rusia melewati selat yang begitu dekat dengan wilayah Jepang,” ujar juru bicara militer Jepang.

Negara-negara yang tergabung dalam aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada Rabu (16/3) mengatakan mereka akan terus membantu Ukraina melawan serangan Rusia.

Saat ini tercatat NATO telah memasok 20.000 anti-tank dan senjata lainnya ke Ukraina.

Tinggalkan Komentar