Rabu, 28 September 2022
02 Rabi'ul Awwal 1444

Jersey ‘Tangan Tuhan’ Maradona Terjual Rp129 Miliar

Kamis, 05 Mei 2022 - 04:17 WIB
Jersey Maradona
(foto: Euronews)

Jersey timnas Argentina yang dipakai Diego Maradona ketika mencetak dua gol terkenal dalam sejarah sepak bola laku terjual 7,14 juta poundsterling (sekitar Rp129 miliar) pada Rabu (4/5/2022) yang merupakan rekor lelang baru untuk barang memorabilia olahraga.

Maradona mengenakan jersey nomor 10 dalam perempat final Piala Dunia Meksiko 1986 melawan Inggris. Enam menit memasuki babak kedua, dia membawa timnya unggul dengan meninju bola ke gawang yang kemudian dikenal dengan gol ‘Tangan Tuhan’.

Empat menit kemudian Maradona menggiring bola dari daerah pertahanan sendiri dan melewati sejumlah pemain lawan guna mencetak gol yang luas dianggap sebagai salah satu gol terbesar dalam sejarah Piala Dunia.

Gelandang Inggris Steve Hodge mendapatkan jersey Maradona itu setelah pertandingan tersebut dan bulan lalu mengumumkan akan melelangnya setelah 19 tahun dipamerkan di National Football Museum di Inggris.

Baca juga
Foto: Anies Dapat Jersey Atletico Madrid Bertuliskan Suarez

“Jersey bersejarah ini adalah pengingat nyata untuk momen penting itu tidak hanya dalam sejarah olahraga, tetapi juga dalam sejarah abad ke-20,” kata Brahm Wachter, Head of Streetwear and Modern Collectables pada Badan Lelang Sotheby’s, London, seperti dikutip Reuters, Kamis (5/5/2022).

Sotheby’s mengungkapkan sang pembeli itu anonim.

Lelang ini memecahkan rekor sebelumnya untuk memorabilia olahraga yang dibuat manuskrip tanda tangan asli Manifesto Olimpiade 1892 yang dihargai US$8,8 juta (sekitar Rp126 miliar) pada 2019.

Penjualan jersey Maradona diperumit oleh klaim bahwa kaus yang salah akan dijual di mana putri dan mantan istrinya mengatakan Hodge mendapatkan jersey yang dikenakan Maradona itu pada paruh pertama pertandingan tersebut.

Baca juga
Lelang SUN Sepi Peminat karena Investor Asing Kepincut Saham

Sotheby’s mengaku telah menggunakan teknologi pencocokan foto agar ‘secara meyakinkan’ mencocokkan kaus itu dengan kedua gol Maradona dengan ‘memeriksa detail berbagai elemen item, termasuk tambalan, garis, dan penomoran’.

Maradona yang dianggap sebagai salah seorang pesepakbola terbaik dunia, meninggal dunia pada November 2020 dalam usia 60 tahun.

Tinggalkan Komentar