Minggu, 22 Mei 2022
21 Syawal 1443

Jet Tempur Mirage 2000 Milik Taiwan Kembali Jatuh

Mirage 2000 - inilah.com
Jet Tempur Mirage 2000 - ist

Sebuah pesawat tempur Mirage 2.000 milik Taiwan jatuh ke laut di lepas pantai negara itu pada Senin (14/3/2022). Beruntung sang pilot dilaporkan selamat.

Kecelakaan itu menjadi insiden kedua yang menimpa jet tempur Taiwan dalam tiga bulan terakhir.

Otoritas setempat mengatakan pesawat buatan Prancis itu sedang menjalani latihan dari pangkalan udara Chihhang di Taitung.

“Upaya pemulihan dan investigasi terhadap pesawat itu sedang berlangsung,” kata otoritas lewat sebuah pernyataan.

Taiwan telah memiliki jet-jet Mirage sejak 1997. Pada Januari, angkatan udara Taiwan menangguhkan latihan bagi armada F-16 setelah salah satu jet tempur yang telah diperbarui itu jatuh ke laut. Kecelakaan ini bahkan menewaskan sang pilot.

Baca juga
China Perketat Kontrol Internet untuk Anak-anak

Tahun lalu, dua jet tempur F-5E, yang telah dipakai Taiwan sejak 1970-an, jatuh ke laut setelah bertabrakan di udara saat latihan.

Pada akhir 2020, sebuah pesawat F-16 hilang beberapa saat setelah tinggal landas dari pangkalan udara Hualien di pantai timur Taiwan dalam latihan rutin.

Meski angkatan udara Taiwan dilatih dengan baik, mereka kerap menghadapi ketegangan oleh aktivitas angkatan udara China. Setidaknya dalam dua tahun terakhir. Kendati demikian, belum ada kecelakaan jet tempur Taiwan yang dikaitkan dengan aktivitas pencegatan.

China, yang mengeklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya, secara rutin menerbangkan pesawat ke zona pertahanan udara Taiwan. Sebagian besar aktivitas itu dilakukan di sekitar Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan, sebagian lagi di atas wilayah antara Taiwan dan Filipina.

Tinggalkan Komentar