Jika Ingin Juara AFF, Timnas Harus Punya Mental Seperti Saat Lawan Taiwan

254292370 938074050480943 4891946725414930833 N - inilah.com
Timnas Indonesia bersiap jelang Piala AFF 2020

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menyebut bahwa skuadnya bisa menjuarai Piala AFF 2020 di Singapura jika memiliki mental seperti saat menundukkan Taiwan.

Kala itu, Timnas berhasil menang agrerat 5-3 atas Taiwan pada play off Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan permainan yang menarik dan penuh semangat.

“Kalau bisa menunjukkan mental seperti melawan Taiwan, pasti mampu meraih hasil yang baik dan maksimal di Piala AFF,” ujar Shin dalam acara pelepasan timnas Indonesia ke Turki dan Singapura di Jakarta, Kamis (11/11/2021).

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, yang penting dari skuadnya sekarang adalah konsistensi. Shin ingin Evan Dimas dan kawan-kawan mempertahankan mental pantang menyerah pada setiap pertandingan.

Baca juga  Bagnaia Klaim Kemenangan Ducati di Kandang Sendiri

“Pada pemain harus terus berjuang sampai bisa mendapatkan kemenangan,” kata pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Shin Tae-yong sendiri mengaku puas dengan komposisi 25 pemain timnas yang ada saat ini. Pria berusia 52 tahun itu bersyukur Liga 1 Indonesia sudah bergulir dan itu menjadi wadah untuk memilih para pemain terbaik.

Meski ada pembatasan pemanggilan pemain dari klub ke timnas (dua orang per-tim), Shin optimistis skuadnya dapat berbicara banyak di Singapura.

“Apapun hasilnya nanti di Piala AFF, saya akan bertanggung jawab karena semua pemain yang ada di sini adalah pilihan saya berdasarkan performa mereka di kompetisi,” tutur Shin.

Baca juga  Luhut: 18 Negara Boleh Masuk Indonesia, Singapura Tak Ada dalam Daftar

Timnas Indonesia berangkat ke Turki pada Kamis malam untuk menjalani persiapan Piala AFF 2020. Di Turki, skuad “Garuda” akan menjalani dua laga uji coba internasional FIFA kontra Afghanistan dan Myanmar.

Selepas dari Turki, timnas akan langsung berangkat ke Singapura untuk menjalani Piala AFF 2020.

Di turnamen itu, Indonesia yang bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos. Evan Dimas dkk. akan menjalani laga perdana pada 9 Desember kontra Kamboja, lalu menghadapi Laos pada 12 Desember, Vietnam tiga hari kemudian dan Malaysia, 19 Desember.

Semua pertandingan timnas Indonesia dilaksanakan di Stadion Bishan, Singapura. Piala AFF 2020 digelar secara terpusat lantaran pandemi COVID-19.[Tar].

Baca juga  Penantian 32 tahun Indonesia Berlaga di Piala Asia

Tinggalkan Komentar