Jika Paksakan Izin BPOM, Jutaan UMKM Terancam Gulung Tikar

Jika Paksakan Izin BPOM, Jutaan UMKM Terancam Gulung Tikar - inilah.com
(ist)

Memaksakan Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) ke BPOM akan mengancam jutaan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Bahkan jutaan pelaku UMKM itu terancam bangkrut aias gulung tikar apabila pemerintah memaksakan perizinan.

“Jutaan UMKM akan gulung tikar, UMKM yang lain dampaknya juga akan besar,” kata anggota Komisi VI DPR Amin Ak kepada Inilah.com, Selasa (19/10/2021).

Menanggapi viral pelaku UMKM makanan beku atau frozen food yang terancam penjara atau denda Rp4 miliar karena menjual makanan tanpa izin edar, Amin menilai hal tersebut seharusnya tidak masuk ke ranah hukum.

“Mereka tidak punya niat untuk melanggar,karena semata-mata hanya belum tahu mengenai aturan tersebut,” ujar Amin.

Baca juga  KOI dan LADI Percepat Penyelesaian Sanksi WADA

Untuk itu Amin menyarankan kepada pemerintah lebih gencar melakukan sosialiasi aturan kepada masyarakat. Namun ia menggarisbawahi agar pelaku UMKM tidak dipersulit oleh aturan yang berbelit.

“Solusinya pemerintah dan aparat hukum terkait harus bijak. Kita tidak ingin masyarakat itu dinilai tidak mengikuti aturan, tapi sekali lagi pemerintah juga harus menjalankan peraturan secara baik, dimulai dari sosialisasi dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.

Sebagai informasi, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, jumlah pelaku UMKM di Indonesia berjumlah 64,2 juta atau 99,99 persen dari pelaku usaha di Indonesia.

Kemudian menurut Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM), UMKM mampu menyerap hingga 119 juta pekerja atau 97 persen dari daya serap tenaga kerja dunia usaha nasional.

Baca juga  Irjen Napoleon Diperiksa Propam Polri

Tinggalkan Komentar