JK Minta Jajaran PMI Netral di Pilpres 2024

JK Minta Jajaran PMI Netral di Pilpres 2024 - inilah.com

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) menginstruksikan kepada seluruh jajaran pengurus PMI di daerah untuk bersikap netral saat di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

JK menilai netralitas jajaran pengurus PMI diperlukan karena tugas PMI merupakan lembaga sosial dan menyangkut kemanusiaan.  

 “Posisi PMI termasuk netralitas atau tidak memihak, itu juga berlaku pada Pemilu 2024 nanti. Posisi PMI akan netral kepada siapa pun yang maju, tapi akan berpihak jika ada masalah (kemanusiaan),” kata Jusuf Kalla, usai melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Provinsi Jawa Barat Periode 2021-2026 di Gedung Sate Bandung, Senin (18/10/2021).

Baca juga  Bantah Dukung Anies, PKS Dorong Salim Segaf jadi Capres

JK menjelaskan, PMI merupakan lembaga absolut dari organisasi yang bergerak di sektor sosial dan kemanusiaan tersebut. Sehingga PMI tidak boleh bertindak diskriminatif dan harus berkomitmen dalam mengatasi masalah terkait sosial dan kemanusiaan pada momentum pemilihan presiden, katanya.

“PMI akan selalu berada di posisi tengah dan siaga untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, khususnya di situasi bencana. PMI akan selalu siap membantu setiap terjadi bencana, jika terjadi kesulitan kemanusiaan,” tegas JK.

Dia juga meminta Dewan Kehormatan PMI untuk selalu menjaga marwah PMI dan tidak segan-segan untuk menegur pengurus dan relawan yang melenceng dari visi, misi dan tugas utama PMI.

Baca juga  Erick Thohir Bantah Terlibat Bisnis PCR

Tinggalkan Komentar