Senin, 16 Mei 2022
15 Syawal 1443

Jogja Temukan Kasus Pertama Omicron

Jogja Temukan Kasus Pertama Omicron

Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengumumkan temukan kasus pertama COVID-19 varian Omicron. Pemkot Jogja temukan kasus ini setelah melakukan tracking dan hasilnya keluar pada Minggu malam.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan kasus Omicron perdana di wilayahnya itu berasal dari pelaku perjalanan luar daerah. Pasien Omicron tersebut sedang menjalani isolasi di salah satu rumah sakit.

“Saat ini [pasien] masih kami isolasi. Sedang kami bahas proses isolasinya seperti apa,” kata Heroe, Senin (31/1/2022).

Meski begitu, Heroe belum mau menjelaskan soal indentitas dan asal pasien yang terkena Omicron ini. Namun pelaku perjalanan ini bukan termasuk rombongan wisata.

Baca juga
18 Pegawai KPK Positif COVID-19

“Saat ini sedang kami tracing dan tes kontak eratnya. Ditanya ke mana saja dan ketemu siapa saja, baru kami tes. Ini [kasus Omicron] pertama yang ditemukan di Kota Jogja, berasal dari perlaku perjalanan,” kata Heroe.

Saat ini, Pemkot Jogja mengetatkan aturan perjalanan serta wisatawan yang masuk ke hotel, restoran, dan sebagainya. Heroe menambahkan temuan Omicron ini bukan dari kasus dengan sebaran lokal yang sebelumnya tes menggunakan whole genome sequencing (WGS) di UGM.

Sebelumnya, Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga mengumumkan hasil tes WGS yang di laboratorium UGM. Dari hasil tes WGS itu terdapat satu orang yang terpapar varian Omicron. Meski demikian, orang tersebut telah kembali ke daerah asalnya di DKI Jakarta.

Tinggalkan Komentar