Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Jokowi Apresiasi Manuver KIB, Potret Politik Cerdas

Minggu, 05 Jun 2022 - 15:36 WIB
334b86f9 Fc56 42d3 B73c Acdd6ccfada8 - inilah.com
Jokowi mengapresiasi manuver KIB. Dianggap potret politik cerdas.

Presiden Jokowi mengapresiasi terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Koalisi yang terdiri atas Golkar, PAN dan PPP itu dianggap telah bermanuver cerdas dalam menghadapi Pemilu 2024.

Ketum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan hal itu sewaktu menghadiri Silatnas KIB, di Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Manuver cerdas yang dimaksud yakni, kepiawaian tiga parpol yang memiliki basis massa masing-masing mau melebur dalam satu perahu bahkan para ketumnya meneken nota kesepahaman.

“Saya yakin ini koalisi cerdas karena di bawah enggak benturan, di massanya enggak bergesekan,” tutur Arie usai menghadiri Silatnas KIB.

Projo menilai, secara komposisi ketiga partai memiliki platform yang bagus. PAN mewakili pemilih Muhammadiyah, PPP mewakili kaum Nahdliyin, sedangkan Golkar memiliki basis massa nasionalis. Koalisi tersebut dianggap potret parpol cerdas berpolitik.

Baca juga
Reuni 212 di Sejumlah Titik Ibu Kota, Jokowi Terbang ke Bali

“Ya, kan, ini manuver cerdas. Masak enggak cerdas? Cerdas ini. Nanti yang lain ikut,” ujarnya.

Budi Arie menyebut, jika dimungkinkan, anggota KIB bisa ditambah partai lain. Sebab, KIB sejak awal dikonsep menjadi kerja sama inklusif, terbuka dengan partai lain. Menurutnya, semangat KIB harus didukung karena tujuannya bagus untuk menyatukan seluruh masyarakat.

“Kalau perlu ditambah koalisinya, juga dimungkinkan nanti ditambah. Ini, kan, terbuka,” tegas Budi Arie.

Projo mengaku bakal ikut membahas soal sosok capres dengan berbagai partai dan koalisi. Namun, sampai saat ini, Projo belum mengakui siapa sosok yang akan didukungnya.

Baca juga
Jokowi Emoh Disebut Bapak Pembangunan Desa

“Kalau masalah capres nanti ada chapternya, nantilah ojo kesusu,” tegasnya.

Tinggalkan Komentar