Jokowi Bisa Saja Perpanjang Masa Jabatan Panglima Hadi

Jokowi Bisa Saja Perpanjang Masa Jabatan Panglima Hadi - inilah.com
twitter @_TNIAU

Delapan hari sebelum Marsekal Hadi Tjahjanto memasuki masa pensiun pada 8 November, Presiden Jokowi belum mengirimkan nama Calon Panglima TNI yang baru ke DPR. Jokowi bisa saja memperpanjang masa jabatan Marsekal Hadi sebagai Panglima TNI.

Saat ini ada dua kandidat kuat yang digadang-gadang akan menjadi Panglima TNI yaitu KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono.

“Menurut saya hak prerogatif Presiden bukan terbatas pada pilihan kedua tokoh tersebut. Bisa saja jika terlalu menimbulkan keramaian beliau memperpanjang masa pensiun dan jabatan Panglima Hadi,” kata Pengamat Militer Connie Rahakundini kepada Inilah.com, Minggu (31/10/2021).

Baca juga  Lagu Hymne Guru Tanda Perdamaian Arteria Dahlan vs 'Anak Jenderal'

Connie menambahkan, selain memperpanjang masa jabatan Hadi, Jokowi juga bisa saja memilih Panglima yang baru bukan dari nama yang sudah ramai dibicarakan.

“Atau mungkin malah memilih kuda hitam Marsekal Fadjar Prasetyo (KSAU),” ujar Connie.

Seperti diketahui, Marsekal Hadi Tjahjanto akan pensiun pada 8 November mendatang, sementara DPR baru akan membuka masa sidang usai reses pada 1 November 2021. Belum diketahui bagaimana mekanisme uji kelayakan dan kepatutan Panglima TNI nanti.

Sebagai informasi, Hadi berasal dari Matra Angkatan Udara menjabat Panglima TNI usai menggantikan Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo pada tahun 2017 lalu. Hadi dilantik menjadi Panglima TNI pada Jumat 8 Desember 2017. Hadi juga menjadi Panglima TNI terlama dalam beberapa dekade terakhir. 

Baca juga  Awal Pengomel Ibunda Arteria Disebut Anak Jenderal, Kini Berubah Istri?

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, jabatan Panglima TNI bisa atau dapat dijabat secara bergantian oleh perwira tinggi militer dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Sebelum Hadi Tjahjanto, Panglima TNI dijabat oleh Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo yang berasal dari TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Moeldoko dari TNI Angkatan Darat, dan Laksamana TNI Agus Suhartono dari TNI Angkatan Laut.

“Kita percayakan pada Presiden Jokowi. Siapapun yang beliau pilih adalah insan terbaik memimpin TNI,” tandas Connie.

Tinggalkan Komentar