Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Jokowi dan Jinping Simak Uji Coba Kereta Cepat Hanya 15 Km dari Video

Sabtu, 12 Nov 2022 - 14:15 WIB
Kereta cepat China penuh masalah. (Foto: Istimewa)

Saat uji teknis kereta cepat China pada 16 November 2022, Presiden Jokowi bersama Presiden China Xi Jinping hanya melihat dari jauh, alias melalui video conference di Bali. Tahapan uji ini dibatasi 15 kilometer. Lho?

Disampaikan GM Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Rahadian Ratry, uji dinasmis kereta cepat China itu, dilakukan sepanjang 15 kilometer (km) saja. Mulai dari Stasiun Tegalluar menuju Casting Yard di daerah Kopo, Kota Bandung.

Dikutip di Jakarta, Sabtu (12/11/2022), Rahadian mengatakan, saat uji dinamis, kereta inspeksi akan melaju dengan kecepatan terbatas hingga maksimal 80 km per jam. Selain melihat proses uji dinamis, kedua kepala negara tersebut juga akan menyaksikan kecanggihan teknologi kereta inspeksi KCJB.

Baca juga
Puan-Airlangga Bertemu di Monas, Mega-Jokowi Bicara Pemilu di Bogor

Pada Kamis (10/11/2022), rangkaian kereta inspeksi KCJB untuk pertama kalinya menjajal rel kereta cepat. Dalam perjalanannya, kereta inspeksi KCJB melaju hingga DK126 atau Casting Yard 4 dengan kecepatan terbatas.

“Alhamdulillah persiapan uji dinamis kereta inspeksi berjalan dengan baik. Persiapan uji dinamis ini akan terus kami lakukan agar semuanya berjalan lancar saat G20 showcase,” ujar Rahadian.

Sementara, pada persiapan uji dinamis yang digelar pada 10 November 2022, sistem kelistrikan sudah menyala. Selain itu dilakukan juga uji gerak, sistem pengereman pada kereta inspeksi, hingga pengujian persinyalan. “Kereta inspeksi ini adalah kereta yang akan digunakan pada uji dinamis,” ucap Rahadian.

Baca juga
Ketua DPD RI Apresiasi Kehadiran Presiden di PON XX Papua

 

Tinggalkan Komentar