Minggu, 27 November 2022
03 Jumadil Awwal 1444

Jokowi Hanya Makan Kue hingga Mi Instan Saat Berkemah di IKN

Senin, 14 Mar 2022 - 21:53 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Editor : Ibnu Naufal
Jokowi Hanya Makan Kue Hingga Mi Instan Saat Berkemah di IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi nantinya hanya makan kue, buah-buahan hingga mi instan saat berkemah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, pihak kepresidenan tidak menyiapkan perbekalan khusus untuk Presiden Jokowi dan Ibu negara saat bermalam di Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Selain kue dan buah-buahan, pihak Istana juga bahkan menyediakan mi instan di dalam tenda. “Makanan biasa saja kue dan buah. Enggak ada (makanan khusus). Paling Indomie,” ujar Heru melalui pesan singkat kepada awak media di Jakarta, Senin (14/3/2022).

Baca juga
Hitung-hitungan Lapangan Banteng, Anggaran Proyek IKN Nusantara 2023 Tembus Rp30 Triliun

Dia menambahkan, fasilitas penunjang yang ada di wilayah perkemahan tidak istimewa. Sebab pihaknya hanya menyediakan enam unit kamar mandi untuk Presiden dan para menteri serta pejabat lainnya yang turut berkemah.

Jokowi Hanya Makan Kue Hingga Mi Instan dan Tidak Ada Fasilitas Khusus

Fasilitas sanitasi terdiri dari shower dan toilet duduk. Menurut pihak Istana, pemakaian “shower” dinilai lebih hemat dalam penggunaan air daripada gayung.

“Kalau gayung kan boros. Shower biar hemat karena air terbatas. Kalau lima gayung itu shower sudah cukup untuk mandi, tetapi kalau gayung bisa satu ember satu orang,” ucap dia.

Baca juga
Airlangga Minta Seluruh Anggota KIB Dukung Pembangunan IKN

Selain itu, pihak Istana juga tidak membeli tenda khusus yang baru untuk Presiden Jokowi. Sebab tenda yang Jokowi gunakan saat berkemah adalah barang inventaris.

Tenda tersebut sudah dibeli saat gempa bumi terjadi di Poso, Sulawesi Tengah pada 2019 silam. Namun tenda tersebut belum terpakai oleh Jokowi saat itu.

“Itu tenda inventaris sudah lama punya Setpres. Sudah lama inventaris, 2019 saat gempa Poso. Belum sempat dipakai saat gempa dulu,” kata Heru.

Heru menyebutkan tenda jenis inflatable air itu bermerek Quechua Arpenaz. Tenda tersebut berkapasitas untuk empat sampai enam orang.

Karena kondisi masih bagus, pihak Istana pun tidak membeli tenda baru untuk Presiden gunakan saat berkemah.

Baca juga
DPRD DKI Minta Heru Budi Hartono Tak Jadi 'Boneka Parpol' di 2024

Heru merinci fasilitas di dalam tenda hanya terdapat kasur dan tidak ada pendingin ruangan.

Tinggalkan Komentar