Sabtu, 03 Desember 2022
09 Jumadil Awwal 1444

Jokowi Jajal Hyundai Genesis G80, Mobil Listrik untuk G20 Bali

Rabu, 08 Jun 2022 - 15:56 WIB
Jokowi Jajal Hyundai Genesis G80, Mobil Listrik untuk G20 Bali
Jokowi Jajal Hyundai Genesis G80, Mobil Listrik untuk G20 Bali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal mobil listrik Hyundai G80 yang rencananya menjadi kendaraan resmi para pemimpin berbagai negara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Bali, November 2022.

Presiden mencoba mobil listrik tersebut bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/6/2022).

Selepas mendarat di Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani di Kota Semarang, Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Batang.

Setelah keluar Gerbang Tol Gringsing, Batang, Presiden dan Ibu Iriana kemudian berganti kendaraan dengan mobil bertenaga listrik lalu meninjau proyek KCC Glass di KITB.

“Saya kira halus, enggak ada suaranya,” ujar Presiden dalam keterangannya di kawasan proyek KCC Glass.

Baca juga
Akhirnya, Jokowi Bagi-bagi Sepeda Lagi

Selain Presiden dan Ibu Iriana, tampak juga menaiki mobil listrik Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Direktur Utama PT PP (Persero) Novel Arsyad yang ketiganya berada dalam satu mobil.

Di mobil listrik lainnya, tampak Menteri BUMN Erick Thohir duduk bersama dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Adapun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menumpangi mobil listrik lainnya bersama istri.

Untuk diketahui, mobil listrik Hyundai G80 dibekali baterai litium-ion berkapasitas 87,2 kWh dengan daya 272 kW atau setara 200 tk. Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda dengan sistem penggerak e-AWD.

Lebih impresif lagi adalah figur torsinya. Karena, masing-masing motor listrik bisa menghasilkan torsi 350 Nm. Alhasil, Genesis G80 Electrified memiliki total torsi 700 Nm! Sebuah angka yang juga sangat besar untuk mobil ramah lingkungan. Apalagi jika mengingat torsi ini tersedia dari RPM 0.

Baca juga
Jokowi Bagi-bagi Sertifikat Tanah dan BLT di Sumut

Dengan figur impresif tersebut, Genesis G80 Electrified bisa berakselerasi dari 0 ke 100 Kpj dalam waktu 4.9 detik saja. Sangat cocok bila harus berakselerasi karena kebutuhan darurat, misalnya serangan kepada petinggi negara yang berada di dalam mobil.

Tentu saja semua tenaga tersebut akan percuma bila jarak tempuh mobil ini pendek. Tapi tenang saja, dalam kondisi terisi penuh, Genesis G80 Electrified bisa menempuh jarak hingga 427 Km.

Jarak ini bisa ditempuh karena beberapa hal, seperti kapasitas baterai, kemampuan regenerative braking, serta panel surya pada atap mobil. Panel surya ini sanggup mengisi daya baterai voltase tinggi dan voltase rendah sehingga bisa menambah jarak tempuh dan mencegah baterai habis total.

Baca juga
Presiden Yoo Titip ke Jokowi Beri Perhatian ke Pengusaha Korsel

Untuk mengisi ulang daya, pada pengisian daya rapid charging 800V, mengisi daya dari 10% ke 80% hanya perlu waktu 22 menit saja. Pada kondisi pengecasan normal, mengisi dari 10% ke 100% memerlukan waktu 9 jam.

Tinggalkan Komentar