Selasa, 24 Mei 2022
23 Syawal 1443

Jokowi Pamer Motor Kustom ke Pebalap MotoGP: Kalah Keren tapi Bersejarah

Presiden Jokowi saat pamer motor ke pebalap MotoGP. (Instagram @Jokowi) - inilah.com
Presiden Jokowi saat pamer motor ke pebalap MotoGP. (Instagram @Jokowi)

Presiden Jokowi beraudiensi dengan pebalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta Pusat hari ini Rabu (16/03/2022). Kepada Marc Marquez dan kawan-kawan, Jokowi menunjukkan motor kustom Kawasaki W175 berkapasitas mesin 174 cc bercat hijau miliknya di depan Istana Merdeka. Dengan motor ini, Presiden pernah mencoba lintasan di Sirkuit Mandalika pada 12 November 2021 lalu.

“Sepeda motor saya ini tidak sekeren milik para pembalap MotoGP,” ujar Jokowi dalam akun Instagram @jokowi, Rabu (16/3/2022).

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Tapi, kata Jokowi, motor itu sering digunakannya saat bertemu dengan warga. Motor itu pula yang pertama kali menjajal sirkuit Mandalika yang bakal jadi arena balapan MotoGP.

Baca juga
Menko Airlangga: Insentif Pajak Properti dan Otomotif Lanjut ke 2022

“Tapi motor ini sering saya kendarai saat berkunjung ke daerah, bertemu dan mendengarkan aspirasi masyarakat, melihat permasalahan di lapangan, meninjau perkembangan pembangunan infrastruktur, hingga mencoba sirkuit di Mandalika,” tulis Jokowi.

Tak Ikut Konvoi

Kali ini, Presiden yang mengenakan jaket merah bertulisan G-20 sebagai penanda Presidensi Indonesia pada G-20 tak ikut berparade dengan sepeda motor. “Saya tidak naik motor karena tidak diperbolehkan dari sisi keamanan. Jadi, tadi saya lemes itu,” kata Presiden sembari berseloroh ketika wartawan menanyakan alasannya tidak ikut berparade.

Karena alasan keamanan itu pula, Presiden hanya berfoto bersama para pebalap di tangga depan Istana Merdeka.

Baca juga
Rakyat Butuh Jaminan Jokowi Pemilu Tidak Ditunda

Para pebalap akan bertanding di MotoGP sepanjang 18-20 Maret di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Adapun rangkaian acaranya mulai dengan latihan bebas (free practice) tahap 1 dan 2 pada Jumat (18/3/2022), latihan bebas tahap 3 dan 4 serta kualifikasi pada keesokannya (19/3/2022). Adapun balap atau race berlangsung pada Minggu (20/3/2022) mulai pukul 11.00 WIB.

Moto GP Mandalika adalah seri kedua MotoGP 2022 setelah 4-6 Maret lalu di Sirkuit International Lusail Qatar.

Berkat kerja sama Pihak Dorna Sport menjelaskan bahwa kehadiran para pebalap MotoGP di Jakarta sebelum berlomba di Mandalika sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan MotoGP di Indonesia. ”Ini merupakan tahun pertama dari 10 tahun kerja sama. Oleh karena itu, sebagai respek kami, para pebalap akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Rabu (ini),” kata Chief Sporting Officer Dorna Sports Carlos Ezpeleta.

Baca juga
Bahlil Klaim Dunia Usaha Ingin Kepemimpinan Jokowi 3 Periode

Seusai melepas parade, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa semua tiket untuk menonton MotoGP, sebanyak 60.000, sudah terjual. ”Ini menjadi sebuah brand baru negara kita. Indonesia sekarang telah memiliki Sirkuit MotoGP yang tidak kalah dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Presiden pun menjanjikan akan menonton MotoGP. Namun, dia belum menentukan keberangkatannya di antara tiga hari penyelenggaraan MotoGP.

Tinggalkan Komentar